EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MEREDUKSI PERILAKU MEMBOLOS

(Studi Kuasi Eksperimen Pada Siswa Kelas VIII SMPN 6 Kota Bekasi Tahun Ajaran 2018/2019)

  • Wahyu Arif Ardani Universitas Islam As-Syafi'iyah
  • Amir Erwin Universitas Islam As-Syafi'iyah
  • Al Halik Universitas Islam As-Syafi'iyah

Abstract

Penelitian ini dilakukan di kelas VIII SMPN 6 Kota Bekasi dengan menggunakan
layanan konseling kelompok dengan teknik self management untuk mereduksi perilaku
membolos siswa. Berdasarkan hasil wawancara dan melihat data-data yang aktual, maka
dapat diketahui bahwa terjadi cukup banyak siswa yang berperilaku membolos. Jenis
penelitian menggunakan Quasi Experimental Design dengan desain penelitian
nonequivalent control group. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive
sampling. Teknik analisis data yang digunakan yakni analisis uji beda (t-test). Hasil
penelitian menunjukan adanya peningkatan yang signifikan dibuktikan dengan hasil uji-t
sehingga mendapat hasil thitung= 8,204 berdasarkan pada dk (dearajat kebebasan) n-1
= 8 - 1 = 7 dengan taraf kesalahan 5% maka ttabel (2,365). Nilai thitung lebih besar
dari ttabel (8,204 > 2,365). Maka Ha diterima dan ditolak. Yang artinya terdapat
peningkatan disiplin belajar sebelum dan sesudah dilakukan konseling kelompok teknik
self management.

Published
2019-06-18
How to Cite
ArdaniW., ErwinA., & HalikA. (2019). EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MEREDUKSI PERILAKU MEMBOLOS. Guidance : Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 16(01), 7-14. Retrieved from https://uia.e-journal.id/guidance/article/view/434