EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MENINGKATKAN DISIPLIN BELAJAR

(Studi Kuasi Eksperimen Pada Siswa Kelas X SMK Bhakti Persada Bekasi Tahun Ajaran 2018/2019)

  • Fatimah Hai’atul Maknun A.J Universitas Islam As-Syafi'iyah
  • Amir Erwin Universitas Islam As-Syafi'iyah
  • Enci Zarkasih Universitas Islam As-Syafi'iyah
Keywords: konseling kelompok, self management, disiplin belajar.

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan konseling kelompok
teknik self management untuk meningkatkan disiplin belajar. Instrumen pengumpulan
data menggunakan angket kedisiplinan belajar. Jumlah item uji coba berjumlah 70 item
pernyataan dengan nilai rtabel 0,244. Terdapat 21 buah item yang tidak valid, dan yang
valid sebanyak 49 buah item Penelitian dilakukan di kelas X SMK Bhakti Persada
dengan populasi 67 siswa dan sampel 16 siswa. Jenis penelitian menggunakan Quasi
Experimental Design dengan desain penelitian nonequivalent control group. Teknik
pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling dan teknik analisis data
yang digunakan yakni analisis uji beda (t-test). Hasil analisis uji beda (t-test)
menunjukkan nilai thitung 10,528 > ttabel 2,365) dengan demikian konseling kelompok
teknik self management efektif untuk meningkatkan disiplin belajar. Hasil temuan di
lapangan menunjukkan tingkat disiplin belajar mengalami peningkatan setelah
diberikan konseling kelompok teknik self management.

Published
2019-06-18
How to Cite
Maknun A.JF., ErwinA., & ZarkasihE. (2019). EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MENINGKATKAN DISIPLIN BELAJAR. Guidance : Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 16(01), 15-21. Retrieved from https://uia.e-journal.id/guidance/article/view/440