HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BERPRESTASI DENGAN DISIPLIN BELAJAR SISWA

  • Dwi Endrasto Wibowo Universitas Islam As-Syafi'iyah
  • Sofyan Abdi Universitas Islam As-Syafi'iyah
Keywords: bimbingan kelompok, teknik diskusi, percaya diri

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif.
Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan antara motivasi berprestasi dengan
disiplin belajar pada siswa kelas X dan kelas XI SMA Budi Mulia Hutama Jakarta.
Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X dan kelas IX SMA Budi Mulia Hutama
Jakarta, dengan jumlah total 130 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah random
sampling dan diperoleh sampel 60 siswa. Instrumen penelitian berupa angket yang
terdiri dari 30 item angket disiplin belajar dan 40 item angket motivasi berprestasi. Hasil
pengolahan data dengan analisis korelasi product moment diperoleh koefisien korelasi
sebesar rxy= 0.841 dengan p= 0,000 (p<0.05), sehingga Ho ditolak dan Ha diterima.
Dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi berprestasi
dengan disiplin belajar pada siswa kelas X dan kelas XI di SMA Budi Mulia Utama
Jakarta.

Published
2019-06-18