EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK MIRACLE QUESTION UNTUK MEMINIMALISIR PERILAKU CYBER BULLYINGSISWA KELAS XI SMA BPS&K 1 JAKARTA

  • Aditya Novika Apriyanti Universitas Islam As-Syafi'iyah
  • Dwi Endrasto Wibowo Universitas Islam As-Syafi'iyah
  • Yusuf Maulana Universitas Islam As-Syafi'iyah
Keywords: cyber bullying, konseling kelompok, miracle question

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui efektifitas konseling kelompok dengan teknik miracle question dalam meminimalisir perilaku cyber bullying pada siswa kelas XI SMA BPS&K 1 Jakarta. Populasi penelitian berjumlah 46 siswa dan sampel 14 siswa. Metode penelitian adalah kuantitatif dengan desain quasi eksperimen menggunakan nonequivalent control group design. Uji paired sample t-test pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol didapatkan nilai signifikan (sig) .029 < 0,05 dan thitung = 2.461 dan ttabel= 1.761 dengan signifikan 0,05. Maka thitung > ttabel sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, jadi dapat disimpulkan bahwa layanan konseling kelompok dengan teknik miracle question dapat meminimalisir perilaku cyber bullying pada siswa kelas XI SMA BPS&K 1 Jakarta.

References

Aminudin., & Karyanti. (2017). Layanan Konseling Kelompok Solution Focused Brief Therapy (SFBT) Untuk Mengurangi Perilaku Cyber bullying Pada Peserta Didik Kelas VIII-7 Di SMPN-3 Palangka Raya. SULUH Jurnal Bimbingan Konseling. 3 (1):12-18.

Erford. B. T. (2015). 40 Teknik yang Harus Diketahui Setiap Konselor Edisi Kedua. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Komalasari. G., Nabilah., & Wahyuni. E. (2017). Studi Perilaku Cyber bullying Siswa SMAN Di DKI Jakarta.

Maheswari, S. P. (2015). Cyber bullying Remaja Ditinjau dari Konformitas Teman Sebaya Dan Konsep Diri. Skripsi. Fakultas Psikologi Unika Soegijapranata Semarang.

Penyusun, Tim. (2016). Pedoman Penulisan Skripsi Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan. Jakarta: FKIP Press.

Prayitno., & Amti. E. (2013). Dasar- Dasar Bimbingan Dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.

Satalina, D. (2014). Kecenderungan Perilaku Cyberbullying ditinjau dari Tipe Kepribadian Ekstrovert dan Introvert. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan. 2 (2).

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wardani, G. O. F. (2016). Keefektifan Teknik Miracle Question Dan Model ABC Tschudi Dalam Peningkatan Resiliensi Siswa Di SMAN 9 Malang. Skripsi. Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.

Published
2020-06-30
How to Cite
ApriyantiA., WibowoD., & MaulanaY. (2020). EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK MIRACLE QUESTION UNTUK MEMINIMALISIR PERILAKU CYBER BULLYINGSISWA KELAS XI SMA BPS&K 1 JAKARTA. Guidance, 17(01), 29-33. https://doi.org/10.34005/guidance.v17i01.902