THE CORRELATION BETWEEN STUDENTS' SELF-ESTEEM AND STUDENTS' SPEAKING ANXIETY TOWARD SPEAKING PERFORMANCE OF EFL STUDENTS
Abstract
: Harga diri adalah bagaimana seseorang menilai seberapa jauh seseorang yakin dirinya mampu, berarti, sukses, dan berharga bagi orang lain, namun Kecemasan Bahasa Asing merupakan suatu kondisi mental tidak aman disertai tekanan tubuh ketika dihadapkan pada situasi baru. Penelitian ini bertujuan untuk menguji tingkat harga diri siswa dan kecemasan siswa dengan kinerja berbicara siswa. Penelitian ini akan ditujukan pada mahasiswa mata kuliah berbicara, dengan mengidentifikasi (1) Apakah ada korelasi antara harga diri mahasiswa dengan kecemasan berbahasa asing (2) Untuk mengukur hubungan antara Harga diri mahasiswa dengan kecemasan Bahasa Asing (3) Untuk mengukur hubungan antara kecemasan bahasa asing siswa dan tes kinerja berbicara. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan desain korelasional. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui hubungan antara suatu variabel dengan variabel lainnya. Langkah selanjutnya adalah mengukur korelasi ketiga variabel tersebut. Peneliti menggunakan SPSS untuk menguji data. Ada tiga langkah yang peneliti lakukan: mengukur Korelasi antara harga diri dan Kinerja berbicara, Korelasi antara Kecemasan dan Kinerja berbicara, dan Korelasi antara harga diri dan Kecemasan berbicara terhadap Kinerja berbicara. Temuan penelitian menyimpulkan bahwa ketiga variabel tersebut tidak mempunyai hubungan yang signifikan. Ini berarti kemampuan berbicara mereka tidak menunjukkan harga diri dan kecemasan yang lebih tinggi di kalangan siswa. Oleh karena itu, harga diri dan Kecemasan berbicara siswa tidak menunjukkan kinerja berbicara siswa yang paling rendah.
This work is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).