Muhammad Abduh

  • Ahmad Faqihuddin
Keywords: Modernisme, Khurafat, Bid’ah, Pendidikan

Abstract

Persoalan yang timbul dalam modernism tidak hanya dalam aspek istilah kebahasaan, melainkan juga berhubungan dengan aspek waktu serta aspek pemikiran, ideology, dan kultur. Modernisme ketika dikaitkan dengan awal waktu kemunculannya akan mengalami kesulitan menentukannya secara tepat, Walaupun modern atau modernism masih sulit didefinisikan secara utuh dan jelas, tetapi sebagai sebuah realitas sejarah, modernism memiliki nilai atau paradigm yang dapat dikenali sebagai karakteristik modernism itu sendiri, Secara umum ide pembaharuan Abduh paralel dengan ide pembaharu-pembaharu modern, seperti at-Tahtawi dan Jamaluddin al Afghani, Penulisan makalah ini menggunakan metode deskriptif. Pembaharuan Abduh merupakan respons terhadap kondisi umat Islam yang memprihatinkan di satu sisi, Usaha Abduh dalam memodernkan system dan lembaga pendidikan di Mesir. Serta sekaligus sebagai upaya untuk merubah kondisi umat Islam agar lebih cerah masa depannya. Ide gerakkan pembaharuan Abduh secara umum paralel dengan gerakan pemaharuan zaman pra-modern-Ibnu Taymiyah dan Muhammad Abdul Wahab-yakni, membersihkan paham-paham khurafat, bid’ah dan tahayul yang masuk ke dalam keyakinan dan praktek umat Islam.

 

Published
2021-12-15