STRATEGI LANGSUNG DAN TIDAK LANGSUNG DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

  • Rahmat . Institut Pesantren KH Abdul Chalim Mojokerto
  • Maulidatul Khoiriyah Institut Pesantren KH Abdul Chalim Mojokerto
Keywords: Strategi Langsung, Strategi Tidak Langsung, Pendidikan Agama Islam

Abstract

Pendidikan Agama Islam (PAI) merupakan penyebutan mata pelajaran agama Islam di sekolah. Adapun cakupan mata pelajaran pendidikan agama Islam itu sendiri adalah mencakup materi ajar mulai dari Al-Qur’an Hadis, Aqidah Akhlak, Fiqh, dan Sejarah Kebudayaan Islam. Mendapati cakupan ini maka dapat diasumsikan bahwa pembelajaran pendidikan agama Islam bertujuan untuk memberikan pemahaman, kemampuan dan sikap beragama kepada siswa di sekolah. Hal ini mengindikasikan bahwa pembelajaran pendidikan agama Islam tidak hanya melakukan transfer pengetahuan namun secara visioner pendidikan agama Islam menekankan kepada transfer values (nilai-nilai) Islam. Namun sangat disayangkan, pada praktiknya pembelajaran pendidikan agama Islam diajarkan tanpa menggunakan strategi yang jitu. Pemilihan dan pemanfaatan strategi sebagai siasat dalam suatu pembelajaran akan sangat menentukan tahapan berikutnya sehingga capaian pembelajaran pendidikan agama Islam tersebut dapat diraih oleh siswa. oleh karenanya seorang guru semestinya dalam mengawali pembelajarannya mampu memilih strategi yang tepat. Sedangkan metode yang dimanfaatkan dalam penelitian ini adalah menggunakan jenis kualitatif dengan pendekatan studi kepustakaan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi langsung serta strategi tidak langsung dapat menjadi inspirasi guru dalam pembelajaran pendidikan agama Islam. 1) Strategi langsung meliputi, a) Strategi dril, b) Strategi peta konsep, dan c) Strategi dan 2) Strategi tidak langsung diantaranya, a) Strategi rileksasi, b) Strategi penggunaan musik, dan c) Strategi humor

Kata Kunci: Strategi Langsung, Strategi Tidak Langsung, Pendidikan Agama Islam

Published
2022-12-22