STRATEGI LANGSUNG DAN TIDAK LANGSUNG DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Abstract
Pendidikan Agama Islam (PAI) merupakan penyebutan mata pelajaran agama Islam di sekolah. Adapun cakupan mata pelajaran pendidikan agama Islam itu sendiri adalah mencakup materi ajar mulai dari Al-Qur’an Hadis, Aqidah Akhlak, Fiqh, dan Sejarah Kebudayaan Islam. Mendapati cakupan ini maka dapat diasumsikan bahwa pembelajaran pendidikan agama Islam bertujuan untuk memberikan pemahaman, kemampuan dan sikap beragama kepada siswa di sekolah. Hal ini mengindikasikan bahwa pembelajaran pendidikan agama Islam tidak hanya melakukan transfer pengetahuan namun secara visioner pendidikan agama Islam menekankan kepada transfer values (nilai-nilai) Islam. Namun sangat disayangkan, pada praktiknya pembelajaran pendidikan agama Islam diajarkan tanpa menggunakan strategi yang jitu. Pemilihan dan pemanfaatan strategi sebagai siasat dalam suatu pembelajaran akan sangat menentukan tahapan berikutnya sehingga capaian pembelajaran pendidikan agama Islam tersebut dapat diraih oleh siswa. oleh karenanya seorang guru semestinya dalam mengawali pembelajarannya mampu memilih strategi yang tepat. Sedangkan metode yang dimanfaatkan dalam penelitian ini adalah menggunakan jenis kualitatif dengan pendekatan studi kepustakaan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi langsung serta strategi tidak langsung dapat menjadi inspirasi guru dalam pembelajaran pendidikan agama Islam. 1) Strategi langsung meliputi, a) Strategi dril, b) Strategi peta konsep, dan c) Strategi dan 2) Strategi tidak langsung diantaranya, a) Strategi rileksasi, b) Strategi penggunaan musik, dan c) Strategi humor
Kata Kunci: Strategi Langsung, Strategi Tidak Langsung, Pendidikan Agama Islam
Copyright (c) 2022 Tahdzib Al-Akhlaq: Jurnal Pendidikan Islam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).