PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DARING TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH AL-QUR’AN TAJWID DI FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS ISLAM AS-SYAFI’IYAH
Abstract
Abstract (In Bahasa): Pandemi Covid 19 yang telah melanda hampir seluruh dunia bahkan Indonesia dan memaksa kegiatan disektor Pendidikan harus melaksanakan pembelajaran secara daring tidak terkecuali di tingkat Universitas, mahasiswa dan dosen yang selama ini melaksanakan pembelajaran secara tata muka akhir nya beralih pada pembelajaran secara daring. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana metode pembelajaran daring dan apakah memiliki pengaruh pada hasil belajar mahasiswa Fakultas Agama Islam pada mata kuliah Al-Qur’an Tajwid di Universitas Islam As-Syafi’iyah. Adapun pendekatan yang penulis gunakan yaitu pendekatan kuantitatif menggunakan desain komparatif. Sampel penelitian adalah mahasiswa regular Fakultas Agama Islam angkatan tahun ajaran 2021 meliputi kelas KPI,PAI, dan PBS berjumlah 107 mahasiswa. Teknik analisis data menggunakan uji presesntase untuk mengetahui bagimana metode pembelajaran daring dan apakah memiliki pengaruh pada hasil belajar mahasiswa. Berdasarkan hasil analisa data yang diperoleh menghasilkan bahwa pelaksanaan metode pembelajaran daring yang menggunakan berbagai media aplikasi daring dapat memudahkan mahasiswa dalam melaksanakan pembelajaran karena medianya beragam sehingga mahasiswa dapat mengakses dan mengulang kembali pembelajarn kapanpun dibutuhkan, sehingga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar dengan perolehan mahasiswa yang mendapat nilai “A” sebanyak 81 dengan presentase 75.7%, nilai “B” 25 mahasiswa dengan presentase 23.3%, dan yang mendapat nilai “C” dan “D” 0 mahasiswa, sedangkan yang mendapat nilai “E” sebanyak 1 orang dengan presentase 0.93%. Hal ini dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran daring memiliki pengaruh yang “Tinggi” terhadap hasil belajar mahasiswa berdasarkan table hasil presentase.
Copyright (c) 2022 Tahdzib Al-Akhlaq: Jurnal Pendidikan Islam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).