PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DARING TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH AL-QUR’AN TAJWID DI FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS ISLAM AS-SYAFI’IYAH

  • Badrah Uyuni
Keywords: Al-Quran, UIA, Mahasiswa

Abstract

Abstract (In Bahasa): Pandemi Covid 19 yang telah melanda hampir seluruh dunia bahkan Indonesia dan memaksa kegiatan disektor Pendidikan harus melaksanakan pembelajaran secara daring tidak terkecuali di tingkat Universitas, mahasiswa dan dosen yang selama ini melaksanakan pembelajaran secara tata muka akhir nya beralih pada pembelajaran secara daring. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana metode pembelajaran daring dan apakah memiliki pengaruh pada hasil belajar mahasiswa Fakultas Agama Islam pada mata kuliah Al-Qur’an Tajwid di Universitas Islam As-Syafi’iyah. Adapun pendekatan yang penulis gunakan yaitu pendekatan kuantitatif menggunakan desain komparatif. Sampel penelitian adalah mahasiswa regular Fakultas Agama Islam angkatan tahun ajaran 2021 meliputi kelas KPI,PAI, dan PBS berjumlah 107 mahasiswa. Teknik analisis data menggunakan uji presesntase untuk mengetahui bagimana metode pembelajaran daring dan apakah memiliki pengaruh pada hasil belajar mahasiswa. Berdasarkan hasil analisa data yang diperoleh menghasilkan bahwa pelaksanaan metode pembelajaran daring  yang menggunakan berbagai media aplikasi daring dapat memudahkan mahasiswa dalam melaksanakan pembelajaran karena medianya beragam sehingga mahasiswa dapat mengakses dan mengulang kembali pembelajarn kapanpun dibutuhkan, sehingga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar dengan perolehan mahasiswa yang mendapat nilai “A” sebanyak 81 dengan presentase 75.7%, nilai “B” 25 mahasiswa dengan presentase 23.3%, dan yang mendapat nilai “C” dan “D” 0 mahasiswa, sedangkan yang mendapat nilai “E” sebanyak 1 orang dengan presentase 0.93%. Hal ini dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran daring memiliki pengaruh yang “Tinggi” terhadap hasil belajar mahasiswa berdasarkan table hasil presentase.

Published
2022-12-19