KONSEP AKHLAK DALAM KITAB TANBIHUL MUGHTARRIN KARYA IMAM AS-SYA’RONI DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN

  • Hadi Yasin
Keywords: akhlak, kitab tanbihul mughtarrin, imam as-sya'roni, relevansi pendidikan

Abstract

Era modern merupakan era dimana marak sekali yang namanya perkembangan, baik itu perkembangan kebudayaan, perkembangan pendidikan maupun teknologi. Masyarakat Indonesia masih menjunjung tinggi tata krama dalam pergaulan sebagaimana anak bersikap kepada orang yang lebih tua maupun hubungan antar teman. Namun seiring laju perkembangan zaman dan perubahan cepat dalam teknologi informasi telah merubah sebagian besar masyarakat dunia terutama remaja. Untuk mendapatkan atau mencapai akhlak karimah yang sesuai dengan tuntunan agama, maka semua orang harus melalui sebuah proses yang dinamakan proses pendidikan akhlak. Konsep yang berkaitan dengan pendidikan akhlak dalam Islam terdapat dalam salah satu kitab yang berjudul kitab Tanbihul Mughtarrin. Bertitik tolak dari latar belakang di atas, penulis merumuskan masalah sebagai berikut: Bagaimana konsep akhlak dalam kitab Tanbihul Mughtarrin karya Imam Asy-Sya’roni? dan Bagaimana relevansi kitab Tanbihul Mughtarrin dengan pendidikan? Jenis penelitian yang penulis gunakan adalah library research (penelitian kepustakaan) yakni: Penelitian yang dilakukan mengumpulkan data dan informasi menggunakan kitab Tanbihul Mughtarrin karya Imam Asy-Sya’roni, terjemahan kitab Tanbihul Mughtarrin, buku akhlak (ciri manusia paripurna), dan juga jurnal serta karya-karya ilmiah dari tokoh lain yang terkait langsung dengan pembahasan dalam penelitian ini.  Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif, yaitu penelitian dengan langkah kerja untuk mendeskripsikan suatu objek, fenomena, latar sosial, dan sasaran penelian terjawablah dalam tulisan naratif. Artinya, data maupun fakta yang telah dikumpulkan oleh peneliti kualitatif berbentuk kata atau gambar. Setelah itu untuk mendapatkan kesimpulan penulis menggunakan pola penalaran induktif, yaitu pola pemikiran yang berangkat dari suatu pemikiran khusus kemudian ditarik generalisasi yang bersifat umum. Inti dari Konsep Akhlak Dalam Kitab Tanbihul Mughtarrin Karya Imam Asy-Sya’roni dan Relevansinya Dengan Pendidikan. Dalam kitab Tanbihul Mughtarrin mengandung suatu ajakan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT, mengulas etika-etika mulia para ulama salaf yang sholih, dengan mengutip maqolah-maqolah mereka dan juga mengutip sabda-sabda Nabi-Nabi terdahulu yang berkaitan dengan etika yang luhur. Dan dalam relevansinya dengan pendidikan akhlak itu segalanya dan posisi akhlak diatas pendidikan, bahkan Rasulullah SAW diutus untuk menyempurnakan akhlak.

References

(t.p.). (2015). As-Sunnah (Sumber Pokok Kedua Ajaran Islam), (t.t.t.).
(t.p.) (2018). Pedofilia, Medan: Pemutusan Hubungan Kerja.
(t.p.). (t.t.). Pembahasan QS. Al-Qalam, (t.t.t.).
Abdul Karim Syeikh. “Rekonstruksi Makna Dan Metode Penerapan Amar Ma’ruf Nahi Munkar Berdasarkan Al-Qur’an.” Banda Aceh: Al-Idarah 2, no. 2 (2018): 1–22.
Abdullah, F. “Konsep Dan Perencanaan Belajar” (2017): 20–33.
Akalia. “Islam Dan Pendidikan Budi Pekerti” (2013): 67.
As-Sunnah, Pengertian. “As-Sunnah (Sumber Pokok Kedua Ajaran Islam)” (2015): 169–202.
Awy. "Kronologi Kasus Pemerkosaan Santriwati di Pesantren Jombang." Jombang: TV One.
Azahari, Azril. “Pengertian Penulisan Karya Tulis Ilmiah.” Teknik Penulisan Ilmiah (2014): 1–27.
Budiyanto, Dwi. “Mengenal Karya Ilmiah,” no. 2 (n.d.).
Cahyo, Zaki Oftavian. “Konsep Pendidikan Akhlak Perspektif Abdu Al-Wahab Al-Sya’roni (Studi Tentang Kajian Pendidikan Akhlak Dalam Kitab Al-Minah Al-Saniyah Karya Abdu Al-Wahab Al-Sya’roni)” 2 (2018): 105.
China, Film Kukejar Cinta ke Negeri. “Analisis Representasi Ikhlas” (n.d.): 86–114.
Cholil, Fikri Ali. “Pengaruh Globalisasi Dan Era Disrupsi Terhadap Pendidikan Dan Nilai-Nilai Keislaman.” Yogyakarta: Sukma Jurnal Pendidikan 3, no. 1 (2019): 117–136.
Damayanti, Anastia. “Pendidikan Agama Islam.” Banjarbaru: Grafika Wangi Kalimantan 2 (2018): 65–88.
Dolong, H. M. Jufri. “Teknik Analisis Dalam Komponen Pembelajaran.” Jakarta: Jurnal UIN Syarif Hidayatullah 5, no. 2 (2016): 293–300.
Engel. “Interaksi Akhlak Di Lingkungan Sekolah” (2014): 31.
Habibah, Syarifah. “Akhlak Dan Etika Dalam Islam.” Banda Aceh: Jurnal Pesona Dasar 1, no. 4 (2015): 73–87.
Hamrin, Nur Khadijah Binti. “Ikhlas Dalam Beramal Menurut Mufassir” (2018): 102.
Hudah, Nur. “Penanaman Nilai-Nilai Islam Dalam Membentuk Akhlak Mulia Melalui Kegiatan Mendongeng Di TK Terpadu Nurul Amal Buyuk Bringkang Menganti Gresik.” Fikroh: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam 12, no. 2 (2019): 1–19.
III, B A B. “Pembahasan QS. Al-Qalam” (n.d.): 49–75.
Kholik, A, and A Mahrudiddin. “Konsep Adab Belajar Murid Dalam Kitab Ta’ Lim Al-Muta’allim.” Bogor: Jurnal Sosial Humainura 4, no. 1 (2013): 25–33.
Lubis Hafifah Maghfiroh, Nur. “Konsep Adab Pendidik Dalam Kitab Adabul ’Alim Wal Muta’alim Karya Dari Muhammad Hasyim Asy’ari.” Medan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa PAI 2 (2022): 1–15.
Lutfiah, Fina Afiatul. “Pendidikan Prenatal Dalam Prespektif Islam (Kajian Al-Qur’an Surat Al-A’raf 172)” (2019): 73–91.
Maqbullah, Aniesa. Pemaknaan Amanah Dalam Surah Al-Azhab Ayat 72 (Perspektif Penafsiran Al-Sya’rawi), 2018.
Medan Area, Universitas. “Pedofilia.” Medan: Pemutusan Hubungan Kerja, no. 1 (2018): 35–73.

Moleong., L. J. "Metodologi Penelitian Kualitatif." Bandung: PT Remaja Rosdakarya (2007): 386.
Mulyadi, Nurdin, and Niara Haura. “Pengertian Pendidikan.” Bandung: Academia (2019): 1–10.
Muslim, Hayyie Al-Kattani, Abdul, and Wido Supraha. “Konsep Adab Penuntut Ilmu Menurut Ibn Abd Al-Barr Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Nasional.” Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam 10, no. 2 (2017): 280–294.
Oktapiani, Marliza. “Tingkat Kecerdasan Spiritual Dan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an.” Tahdzib Al-Akhlaq: Jurnal Pendidikan Islam 3, no. 1 (2020): 95–108.
Penyusun, Tim. "Buku Pedoman Penulisan Skripsi." Ponorogo: Fakultas Tarbiyah (2020): 49.
Putri, Ade. "Konsep Kurikulum Dalam Pendidikan Agama Islam Perspektif Ahmad Surkati" (n.d.): 48.
Rahardjo, Mudjia. “Antara Konsep, Proposisi, Teori, Variabel, Dan Hipotesis Dalam Penelitian.” Malang: Metode Pembelajaran (2018): 1–3. repository.uin-malang.ac.id/2410.
Abdul Karim Syeikh. “Rekonstruksi Makna Dan Metode Penerapan Amar Ma’ruf Nahi Munkar Berdasarkan Al-Qur’an.” Banda Aceh: Al-Idarah 2, no. 2 (2018): 1–22.
Abdullah, F. “Konsep Dan Perencanaan Belajar” (2017): 20–33.
Akalia. “Islam Dan Pendidikan Budi Pekerti” (2013): 67.
As-Sunnah, Pengertian. “As-Sunnah (Sumber Pokok Kedua Ajaran Islam)” (2015): 169–202.
Awy. "Kronologi Kasus Pemerkosaan Santriwati di Pesantren Jombang." Jombang: TV One.
Azahari, Azril. “Pengertian Penulisan Karya Tulis Ilmiah.” Teknik Penulisan Ilmiah (2014): 1–27.
Budiyanto, Dwi. “Mengenal Karya Ilmiah,” no. 2 (n.d.).
Cahyo, Zaki Oftavian. “Konsep Pendidikan Akhlak Perspektif Abdu Al-Wahab Al-Sya’roni (Studi Tentang Kajian Pendidikan Akhlak Dalam Kitab Al-Minah Al-Saniyah Karya Abdu Al-Wahab Al-Sya’roni)” 2 (2018): 105.
China, Film Kukejar Cinta ke Negeri. “Analisis Representasi Ikhlas” (n.d.): 86–114.
Cholil, Fikri Ali. “Pengaruh Globalisasi Dan Era Disrupsi Terhadap Pendidikan Dan Nilai-Nilai Keislaman.” Yogyakarta: Sukma Jurnal Pendidikan 3, no. 1 (2019): 117–136.
Damayanti, Anastia. “Pendidikan Agama Islam.” Banjarbaru: Grafika Wangi Kalimantan 2 (2018): 65–88.
Dolong, H. M. Jufri. “Teknik Analisis Dalam Komponen Pembelajaran.” Jakarta: Jurnal UIN Syarif Hidayatullah 5, no. 2 (2016): 293–300.
Engel. “Interaksi Akhlak Di Lingkungan Sekolah” (2014): 31.
Habibah, Syarifah. “Akhlak Dan Etika Dalam Islam.” Banda Aceh: Jurnal Pesona Dasar 1, no. 4 (2015): 73–87.
Hamrin, Nur Khadijah Binti. “Ikhlas Dalam Beramal Menurut Mufassir” (2018): 102.
Hudah, Nur. “Penanaman Nilai-Nilai Islam Dalam Membentuk Akhlak Mulia Melalui Kegiatan Mendongeng Di TK Terpadu Nurul Amal Buyuk Bringkang Menganti Gresik.” Fikroh: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam 12, no. 2 (2019): 1–19.
III, B A B. “Pembahasan QS. Al-Qalam” (n.d.): 49–75.
Kholik, A, and A Mahrudiddin. “Konsep Adab Belajar Murid Dalam Kitab Ta’ Lim Al-Muta’allim.” Bogor: Jurnal Sosial Humainura 4, no. 1 (2013): 25–33.
Lubis Hafifah Maghfiroh, Nur. “Konsep Adab Pendidik Dalam Kitab Adabul ’Alim Wal Muta’alim Karya Dari Muhammad Hasyim Asy’ari.” Medan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa PAI 2 (2022): 1–15.
Lutfiah, Fina Afiatul. “Pendidikan Prenatal Dalam Prespektif Islam (Kajian Al-Qur’an Surat Al-A’raf 172)” (2019): 73–91.
Maqbullah, Aniesa. Pemaknaan Amanah Dalam Surah Al-Azhab Ayat 72 (Perspektif Penafsiran Al-Sya’rawi), 2018.
Medan Area, Universitas. “Pedofilia.” Medan: Pemutusan Hubungan Kerja, no. 1 (2018): 35–73.

Moleong., L. J. "Metodologi Penelitian Kualitatif." Bandung: PT Remaja Rosdakarya (2007): 386.
Mulyadi, Nurdin, and Niara Haura. “Pengertian Pendidikan.” Bandung: Academia (2019): 1–10.
Muslim, Hayyie Al-Kattani, Abdul, and Wido Supraha. “Konsep Adab Penuntut Ilmu Menurut Ibn Abd Al-Barr Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Nasional.” Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam 10, no. 2 (2017): 280–294.
Oktapiani, Marliza. “Tingkat Kecerdasan Spiritual Dan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an.” Tahdzib Al-Akhlaq: Jurnal Pendidikan Islam 3, no. 1 (2020): 95–108.
Penyusun, Tim. "Buku Pedoman Penulisan Skripsi." Ponorogo: Fakultas Tarbiyah (2020): 49.
Putri, Ade. "Konsep Kurikulum Dalam Pendidikan Agama Islam Perspektif Ahmad Surkati" (n.d.): 48.
Rahardjo, Mudjia. “Antara Konsep, Proposisi, Teori, Variabel, Dan Hipotesis Dalam Penelitian.” Malang: Metode Pembelajaran (2018): 1–3. repository.uin-malang.ac.id/2410.

Rahmat, dkk. "Buku Daras Praktek Penelusuran Sumber Sejarah dan Budaya." Jakarta: Guna Darma Ilmu (n.d.): 135.
Sendhy, Avel Claricia. “Nilai-Nilai Pendidikan Profetik Dalam Al-Qur’an Surat Al-Ahzab Ayat 21 (Studi Tafsir Tahlili)” (2019): 104.
Sugiyono. "Metode Penelitian: Pendekatan Kuantitaif, Kualitatisf, dan R&D." Bandung: Alphabet (2016).
Sugiyono. "Metode Penelitian Pendidikan." (2016): 309.
Suryadarma, Yoke, and Ahmad Hifdzil Haq. “Pendidikan Akhlak Menurut Imam Al-Ghazali.” Gontor: At-Ta’dib 10, no. 2 (2015): 362–381. https://ejournal.unida.gontor.ac.id/index.php/tadib/article/view/460.
Sutiono. “Filosofi Tujuan Pendidikan Islam.” Al-Risalah: Jurnal Pendidikan Islam IX, no. 1 (2018): 33–47.
Syatar, Abdul. “Relevansi Antara Pemidanaan Indonesia Dan Saksi Pidana Islam.” Makassar: Jurnal Syari’ah dan Hukum Diktum (2018): 119–134.
Widodo, Sembodo Ardi. “Metode Hermeneutik Dalam Pendidikan.” Yogyakarta: Unisia 31, no. 70 (2008): 322–332.
Wijayanti, Indriana. “Kemerosotan Nilai Moral Yang Terjadi Pada Generasi Muda Di Era Modern” (n.d.): 1–8.
Yasin, Hadi. “Ayat-Ayat Akhlak Dalam Al-Quran.” Tahdzib Al-Akhlaq: Jurnal Pendidikan Islam 2, no. 2 (2019): 1–15.
Published
2023-06-20