PENGARUH LINGKUNGAN TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
STUDI KORELASI SMP ASSYAIRIYAH ATTAHIRIYAH KEC. CAKUNG KOTA JAKARTA TIMUR
Abstract
Lingkungan belajar merupakan wilayah dengan segenap isinya yang saling berhubungan dengan kegiatan belajar. Hasil belajar merupakan perubahan tingkah laku siswa secara nyata setelah di lakukan proses belajar mengajar yang sesuai dengan tujuan pembelajaran. Berdasarkan hasil pra survey menyebutkan bahwa pihak sekolah telah memberikan pelayanan yang baik akan tetapi hasil belajar beberapa siswa masih rendah . Hal ini dapat di lihat dari kurang aktif nya siswa ketika mengikuti proses pembelajaran .Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh lingkungan belajar terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Assyairiyah Attahiriyah Kec.Cakung Kota Jakarta Timur dan seberapa besar pengaruh lingkungan terhadap hasil belajar siswa di Smp Assyairiyah Attahiriyah Kec.Cakung Kota Jakarta Timur.Bentuk penelitian ini kuantitatif. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 110 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 33 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan instrumen tes dan teknik analisis data menggunakan jenis korelasional. Berdasarkan penelitian ini diketahui bahwa ada pengaruh lingkungan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam . Hal ini dilihat dari pengujian koefisien determinasi nilai korelasi/ hubungan (R) yaitu sebesar 0,520, dari output tersebut diperoleh koefisien determinasi ( R Square) sebesar 0,271, yang mengandung pengertian bahwa pengaruh variabel bebas (lingkungan belajar) terhadap variabel terikat (hasil belajar) adalah sebesar 27,1%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa lingkungan belajar memberikan pengaruh yang cukup signifikan terhadap hasil belajar siswa.
References
Anggraini Yussi,dkk.(Jurnal Pendidikan, Vol 2 No 2, Desember 2017: 1650) Pengaruh Lingkungan Belajar Dan Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Kompetensi Keahlian Elektronika Industri Di Sekolah Menengan Kejuruan
Arif Khairan Muhammad.(2022). Pedoman Penulisan Skripsi, (Jakarta: Fai-Uia)
Arifin. M.(2011). Ilmu pendididkan Agama Islam, (Jakarta: PT Bumi Aksara)
Bahri Djamarah Syaiful.(2008). Strategi Belajar Mengajar, (Edisi II; Jakarta: Rineka Cipta)
Dalyono. M. (2015). Psikologi Pendidikan, (Jakarta: Rineka Cipta)
Damin Sudarwan.(2003). Menjadi Komunitas Pembelajaran, (Jakarta : Bumi Aksara)
Darajat Zakiyah, dkk.(1996). Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta: Bumi Aksara
Departemen agama RI, Pedoman Pendidikan Agama Islam Sekolah Umum Dan Luar Biasa, tt,
Dimyanti & Mudjiono.(2009).Belajar Dan Pembelajaran, (Jakarta: Rineka Cipta)
Fadhilaturrahmi.(Jurnal Basicedu, Vol 2 No 2, Oktober 2018: 62) Lingkungan Belajar Efektif Bagi Siswa Sekolah Dasar
Harjali.(2019). Penataan Lingkungan Belajar, (Malang: CV. Seribu Bintang)
Haryanti Suci.(2021). Statistik Dasar Untuk Penelitian Jilid 1 Dengan Aplikasi Spss 26, (Bandung: Media Sains Indonesia)
Hasan Muhammad,dkk.(2021). Pengelolaan Lingkungan Belajar , (Jakarta: Yayasan Kita Menulis)
Helmawati.(2016).Pendidikan Keluarga Teoritis Dan Praktis, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya)
Julhadi.(2020).Hasil Belajar Peserta Didik, (Tasikmalaya: Edu Publisher)
Maiyana Rita.,dkk.(2020). Pengelolaan Lingkungan Belajar, (Jakarta: Kencana Media Group)
Martina, “pengaruh lingkungan sekolah terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam di Smp Negri 9 Tulung Selapan Kabupaten Oki”, jurnal PAI Raden Fatah, Vol 1 No 2 (April, 2019)
Maryadi.(2019). Pengantar Statistik, (Kelaten: Lakeisha)
Mulyadi.(2010). Evaluasi Pendidikan Pengembangan Model Evaluasi Pendidikan Agama Di Sekolah, (UIN-Maliki Prees)
Musfiqon.(2012). Panduan Lengkap Metodelogi Penelitian Pendidikan, (Jakarta: PT Prestasi Pustakarya)
Nasehudin Toto Sayatori & Nanang Gozali.(2012). Metode Penelitan Kuantitatif, (Bandung: CV Pustaka Setia)
Nurwalia Anna, & Suryani.(2021). Pengajaran Writing Metode Hybrid, (Yogyakarta: CV Bintang Surya Madani)
Peraturan pemerintah No.55 Tahun 2007, Tentang Pendidkan Agama Dan Pendidkan Keagamaan Bab 1 Pasal 2, ayat (1)
Purwanto.(2010). Evaluasi Hasil Belajar, (Yogyakarta: Pustaka Belajar)
Roflin Eddy, & Ferani Eva Zulvia.(2021). Kupas Tuntas Analisis Korelasi, (Pekalongan: PT Nasya Expanding Managrment)
Rosyidah Masayu & Rafiqa Fijra.(2021). Metode Penelitian, (Yogyakarta: CV Budi Utama)
Rusman .(2017). Belajar Dan Pembelajaran (Jakarta: PT Kharisma Utama)
Sabini Nini.(2012). Psikologi Pembelajaran, (Yogyakarta: Mentari Pustaka)
Salim.(2019). Penelitian Pendidikan: Metode, Pendidikan, Dan Jenis, (Jakarta: Kencana)
Saroni Muhammad.(2006).Manajemen Sekolah, Kiat Menjadi Pendidk Yang Kompeten, (Yogyakarta: Aruzz)
Setyawan Dodiet Aditya.(2021). Hipotesis Dan Variabel Penelitian, (Kartasura: Tahta Media Group)
Setyosari Punaji.(2015). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan (Jakarta : Kencana)
Siregar Eveline Dkk.(2010). Teori Balajar Dan Pembelajaran, (Jakarta: Ghalia Indonesia, 2010)
Suardi. Moh.(2018). Belajar Mengajar (Yogyakarta: CV Budi Utama)
Copyright (c) 2023 Tahdzib Al-Akhlaq: Jurnal Pendidikan Islam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).