PENGARUH AKTIVITAS PENGAJIAN TERHADAP ASPEK-ASPEK PSIKORELIGIUS REMAJA DI KAMPUNG RAWA BOGO, JATIMEKAR, JATIASIH, KOTA BEKASI
Abstract
Kenakalan remaja pada saat ini menjadi salah satu permasalahan yang ada di Indonesia. Hal tersebut muncul dan berkembang di antaranya akibat dari suatu kondisi sosial yang kurang kondusif bagi perkembangan remaja. kenakalan remaja akan semakin mudah menjalar pada remaja ini, terutama di kota-kota besar yang penuh dengan berbagai gemerlap kehidupan. Sebagai bentuk pergaulan terhadap masalah kenakalan remaja ini, kiranya diperlukan suatu sistem yang dapat mengimbangi dari berbagai macam usaha yang dapat menjerumuskan anak kedalam kenakalan remaja. Di wilayah Kampung Rawa Bogo ini memfalitasi beberapa kegiatan keagamaan yang menyelenggarakan pendidikan agama Islam untuk para remaja salah satunya dengan adanya Majelis Ta’lim. Metode penelitian ini menggunakan Kuantitatif Field Research (Pendekatan Lapangan). Populasi pada penelitian ini seluruh remaja Kampung Rawa Bogo dengan sampel sebanyak 40 remaja pada Majlis Ta’lim Al-Ikhlas Rawa Bogo. Hasil dari penelitian ini yaitu, Uji Regresi Non-Linear dengan nilai R = 0,455, nilai R 2 = 0,207 (20,7%) dan juga Uji Pearson Correlation dengan nilai Korelasi sebesar 0,452 > 0,312 dengan nilai signifikansi 0,03 < 0,05, penulis dapat menarik kesimpulan bahwa antara variabel Aktivitas Pengajian (X) terhadap variabel Psikoreligius Remaja (Y) ada korelasi yang sangat erat serta pengaruh yang sangat signifikan.
References
Ahmad Shofiyuddin, Fadilah, 2017. Dalam Jurnal 2017, h.7. Departemen Agama RI, 2013. Ilmu Pendidikan Islam.
Gunarso, 2010. Psikologi untuk Membimbing, (Jakarta: Gunung Mulia) h.12.
Handayani,2014. Pengaruh Majlis Ta’lim Terhadap Prilaku Remaja, (Salatiga), h.10.
Hartati, 2012. Konsep Dakwah Dalam Islam, (Balikpapan).
Helmawati, 2013. Pendidikan Nasional dan Optimalisasi Majelis Ta’lim, (Jakarta: Rineka Cipta).
Jalaluddin, 2010. Psikologi Agama, (Jakarta: Raja Grafindo Persada)
Karlina, 2010. Minat Remaja Dalam Kegiatan Keagamaan, (Dalam Skripsi 2010) h.3.
Kemenag RI, QS. Al-Kahfi. Kemenag RI, QS. An-Nur.
Margono, 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan, (Jakarta: Rineka Cipta) h.181.
Musfiqon, 2012. Panduan Lengkap Metodologi Penelitian Pendidikan, (Jakarta: PT Prestasi Pustakarya) h.14.
Poerwadarminto, 2012. Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta: Balai Pustaka) h.20.
Rahmat, 2018. Peranan Majlis Ta’lim Dalam Pembinaan Masyarakat, (Makassar: UIN Alauddin).
Serial Khutbah Jum’at, September 2011. Yogyakarta.
Sugiyono, 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, (Bandung: Alfabeta).
Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, (Bandung: Alfabeta) h.142.
Suharmi Arikunto, 2010. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik, (Jakarta: Rineka Cipta, 2010) h.110.
Sururin, 2010. Ilmu Jiwa Agama, (Jakarta: Raja Grafindo).
S. Nasution, 2012. Metode Research, (Jakarta: PT Bumi Aksara) h.106.
Toto Syatori Nasehudin dan Nanang Gozali, 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, (Bandung: CV. Pustaka Setia) h.121.
Yudrik Jahja, 2011. Psikologi Perkembangan, (Jakarta:Kencana) h.219. Zakiyah Drajat, 2010. Ilmu Jiwa Agama, (Jakarta: Bulan Bintang) h.2. Zakiyah Drajat, 2010. Ilmu Jiwa Agama, (Jakarta: Bulan Bintang) h.11. Zakiyah Drajat, 2010. Ilmu Jiwa Agama, (Jakarta: Bulan Bintang) h.69. Zakiyah Drajat, 2010. Ilmu Jiwa Agama, (Jakarta: Bulan Bintang) h.72. Zakiyah Drajat, 2010. Ilmu Jiwa Agama, (Jakarta: Bulan Bintang) h.74. Zakiyah Drajat, 2010. Ilmu Jiwa Agama, (Jakarta: Bulan Bintang) h.75. Zakiyah Drajat, 2010. Ilmu Jiwa Agama, (Jakarta: Bulan Bintang) h.126-127. Zuhairi, 2010. Sejarah Pendidikan Islam, (Jakarta: Bumi Aksara) h.19.
Zulkarnain, 2013. Dakwah Islam Di Era Multimedia, (Riau: UIN Suska).
Copyright (c) 2023 Tahdzib Al-Akhlaq: Jurnal Pendidikan Islam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).