DEKONSTRUKSI PENDIDIKAN DALAM SURAT AL-BAQARAH AYAT 31-32: SEBUAH ANALISIS DARI PERSPEKTIF TAFSIR AL-MISBAH OLEH QURAISH SHIHAB
Abstract
Kemajuan teknologi di zaman kontemporer telah memberikan pengaruh yang cukup besar dalam dunia pendidikan, terutama dalam membentuk perspektif para ulama dalam menafsirkan makna ayat-ayat Alquran. Penafsiran para ulama terhadap ayat-ayat Al-Qur'an sangat dipengaruhi oleh referensi dan sumber tafsir yang mereka gunakan. Untuk memahami penafsiran Al-Qur'an, sangat penting untuk fokus pada banyak elemen penting seperti metodologi, pendekatan, doktrin, dan asal-usul penafsiran. Salah satu tafsir terkenal yang memberikan kontribusi pada perspektif mereka adalah Al-Misbah oleh Prof. Muhammad Quraish Shihab. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana Muhammad Quraish Shihab menggunakan sumber-sumber penafsiran dalam tafsirnya, khususnya dalam tafsir Al-Misbah tentang ayat 31-32 surat Al-Baqarah. Penelitian ini menggunakan pendekatan Library Research, dimana peneliti mengumpulkan pengetahuan dan latar belakang dari berbagai sumber referensi seperti buku, jurnal, artikel, dan sumber-sumber online untuk mendukung penelitian mereka. Temuan dan analisis dari penelitian ini menunjukkan bahwa Muhammad Quraish Shihab menggunakan kombinasi penafsiran pribadi (ijtihad) dan penjelasan linguistik dalam bahasa Arab untuk menjelaskan signifikansi ayat-ayat tersebut. Selain itu, penafsirannya juga menggabungkan perspektif para ulama yang berkaitan dengan ayat-ayat tersebut, sehingga menambah kelengkapan pemahamannya.
Copyright (c) 2023 Tahdzib Al-Akhlaq: Jurnal Pendidikan Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).