PENGARUH PEMBIASAAN INFAQ TERHADAP PERILAKU SOSIAL PESERTA DIDIK DI SMPIT ASSALAAMAH JAKARTA TIMUR
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembiasaan hal baru pada peserta didik yangsulit, perilaku sosial peserta didik yang masih dinilai kurang, serta pemahamandan pengetahuan peserta didik yang kurang terkait infaq. Dari latarbelakang tersebut penulis tertarik untuk meneliti lebih lanjut mengenai pengaruh pembiasaan infaq terhadap perilaku sosial peserta didik di SMPIT Assalamah.Adapun tujuan daripada penelitian ini adalah ingin mengetahui gambaran penerapan pembiasaan infaq di SMPIT Assalaamah dan ingin mengetahui apakah ada pengaruh dari pembiasaan infaq terhadap perilaku sosial peserta didik diSMPIT Assalaamah. Jenis penelitian pada penulisan skripsi ini yaitu penelitian kuantitatif. Adapunpengumpulan data dengan menyebarkan angket berupa pertanyaan menggunakanskala likert. Responden dalam penelitian ini adalah seluruh siswa/i, guru dan stafTU yang seluruhnya berjumlah 30 orang. Berdasarkan hasil penelitian, pembiasaan infaq dilakukan satu minggu sekali padahari jum’at pagi. Selanjutnya hasil dari pengujian hipotesis menggunakan analisisregresi linier sederhana menunjukan nilai signifikansi 0,00 < 0,05 yang artinya Hoditolak dan Ha diterima atau terdapat pengaruh dari pembiasaan infaq terhadapperilaku sosial peserta didik di SMPIT Assalaamah. Demikian bahwa pembiasaan infaq berpengaruh terhadap perilaku sosial pesertadidik sebesar 47% dengan kategori cukup tinggi.
Copyright (c) 2023 Tahdzib Al-Akhlaq: Jurnal Pendidikan Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).