MANAJEMEN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEBAGAI UPAYA GURU DALAM MENANGANI SISWA UNDERACHIEVER

DI SMP NEGERI 30 KOTA BEKASI

  • Rohimah Rohimah Universitas Islam As-Syafi'iyah
Keywords: Upaya Guru, Manajemen, Pendidikan Agama Islam, Siswa Underachiever

Abstract

Dalam proses Manajemen pendidikan tidaklah selalu berjalan dengan baik, akan terdapat berbagai masalah, kendala dan berbagai hambatan di dalamnya, salah satunya adalah kesulitan belajar yang di alami oleh siswa underachiever yaitu siswa yang memiliki potensi untuk dapat mencapai prestasi dan hasil belajar yang baik namun karena pengaruh dari berbagai faktor sehingga masalah tersebut mempengaruhi prestasi dan hasil belajar yang seharusnya dapat di capai oleh siswa, hal ini sering terjadi karena motivasi belajar yang dimiliki siswa sangat rendah, anak yang mengalami underachiever sering kali menunjukan perilaku menghindar dan menanggap bahwa belajar bukanlah suatu hal yang menyenangkan, merupakan suatu permasalahan yang kemungkinan besar belum teratasi dengan maksimal oleh guru, maka guru terkhusus manajemen Pendidikan Agama Islam yang selalu berhubungan dengan berbagai aspek bidang keilmuwan memiliki peranan yang begitu penting berkaitan dengan hal ini.

Dalam penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui (1) Gambaran siswa yang mengalami underachiever, (2) Upaya guru PAI dalam penanganan siswa underachiever, (3) Faktor pendukung dan penghambat guru PAI dalam penanganan siswa underachiever dalam proses pembelajaran di SMP Negeri 30 Kota Bekasi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kualitatif deskriptif yang bentuknya adalah kata-kata tertulis yang mana data-data yang di peroleh berdasarkan dari hasil obervasi, wawancara dan dokumentasi.

Setelah melakukan penelitian ini menghasilkan suatu kesimpulan sebagai berikut : (1) Gambaran siswa yang mengalami underachiever dalam proses pembelajaran di SMP Negeri 30 Kota Bekasi memiliki ciri gambaran yaitu :  Pertama, Siswa yang mengalami underachiever di SMP Negeri 30 Kota Bekasi cenderung terlihat kurang memiliki motivasi pada saat proses pembelajaran berlangsung. Kedua, Siswa yang mengalami underachiever menunukan perilaku menghindar seperti lebih suka menyendiri dan menjauhi lingkungan teman-temannya di kelas. (2) Upaya Guru Manajemen Pendidikan Agama Islam dalam penanganan siswa underachiever yaitu mengupayakan faktor yang berasal dari individu, keluarga, sekolah dan teman sebaya. (3) Faktor pendukung dan penghambat guru Pendidikan Agama Islam dalam penanganan siswa underachiever yaitu : Faktor pendukung, guru, wali kelas, dan sarana dan prasarana. Faktor pengahmbat, Sulitnya bekerja sama dengan orang tua, dan siswa yang sangat sulit untuk di arahkan.

Published
2023-12-19