PENGARUH MODEL INDEX CARD MATCH TERHADAP PENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

PADA KELAS VII DI SMP ISLAM AL AZHAR 09 KEMANG PRATAMA

  • Novia Putri Khairunisa Universitas Islam As-Syafi'iyah
  • Sutiono AZ Universitas Islam As-Syafi'iyah
  • Sirojuddin Arrusy Universitas Islam As-Syafi'iyah
Keywords: Learning Method, Index Card Match, Study Result

Abstract

Proses belajar mengajar dapat ditingkatkan untuk meningkatkan standar pendidikan. Dalam pendidikan, interaksi atau hubungan antara guru dan siswa merupakan hal mendasar dalam pengajaran. Akibatnya, guru perlu memiliki kesabaran, keuletan, dan sikap terbuka di samping mampu mengajar dan belajar dalam suasana yang lebih aktif.Guru dan calon guru harus memiliki keterampilan profesional, kemampuan pedagogik, keterampilan sosial, dan kepribadian. Akibatnya,  kemampuan seorang guru atau calon guru dalam proses pembelajaran sangat berpengaruh terhadap keberhasilan akademik siswa. Model pembelajaran pada dasarnya merupakan bentuk pembelajaran yang disajikan secara khas oleh guru. Dengan kata lain, model pembelajaran merupakan bungkus atau bingkai dari penerapan suatu pendekatan, model, dan teknik pembelajaran. Salah satu model yang diterapkan yaitu pembelajaran dengan model pembelajaran Index Card Match (ICM) atau mencari pasangan kartu. Model Index Card Match adalah mencari jodoh kartu tanya jawab yang dilakukan secara berpasangan. Model pembelajaran Index card match merupakan metode pembelajaran yang menuntut siswa untuk bekerja sama dan dapat meningkatkan rasa tanggung jawab siswa atas apa yang dipelajari dengan cara yang menyenangkan.Jenis penelitian yang peneliti gunakan adalah jenis penelitian kuantitatif dengan model eksperimen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model index card match terhadap hasil belajar siswa kelas VII di SMP islam Al azhar 09 kemang pratama pada mata pelajaran asmaul husna. Untuk hasil belajar siswa pada kelompok eksperimen diperoleh nilai rata-rata sebesar 89,05%, dan pada kelompok kontrol diperoleh nilai rata-rata sebesar 72,5% dari kedua hasil tersebut terdapat perbedaan sebesar 17,0% dapat dikatakan bahwa penggunaan Model pembelajaran indeks card match dalam proses pembelajaran terdapat pengaruh sebesar 17,0%. artinya dapat dikatakan bahwa adanya pengaruh penggunaan Model pembelajaran indeks card match terhadap hasil belajar siswa kelas VII dalam mata pelajaran asmaul husna di SMP islam Al-azhar 09.

Published
2023-12-12