Enterpreneurship Dalam Pandangan Al-Qur’an dan Hadist

  • Mohammad Asmawi
Keywords: enterprenership, alquranhadist

Abstract

Kewirausahaan (entrepreneurship) merupakan faktor penting dalam pembangunan ekonomi yang mendorong inovasi dan pertumbuhan. Dalam konteks Islam, kewirausahaan memiliki dimensi tambahan berupa nilai-nilai etika dan moral yang harus diintegrasikan dalam praktik bisnis. Namun, masih banyak wirausahawan Muslim yang kesulitan mengimplementasikan prinsip-prinsip Islam secara konsisten dalam usaha mereka. Hal ini menimbulkan pertanyaan mengenai bagaimana konsep kewirausahaan dalam Islam dapat diterapkan secara efektif untuk mencapai keberhasilan bisnis yang berkelanjutan dan beretika.

References

Ridlwan, B., Fauzi, M., & Said, A. (2016). Kewirausahaan (Entrepreneurship) dalam Perspektif Qur'an dan Hadits. MENARA TEBUIRENG: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 12(01), 52-82.
Baladina, N. (2012). Membangun Konsep Enterpreneurship Islam. ULUL ALBAB Jurnal Studi Islam, 13(2), 123-136.
Mohammad, W., & Fadoli, A. (2023). Implementasi Pendidikan Entrepreneurship Di Lembaga Pendidikan Islam Perspektif Al-Qur’an & Hadits.
Yuliana, E. (2017). Kewirausahaan dalam perspektif islam. Ta'dib: Jurnal Pendidikan Islam dan Isu-Isu Sosial, 15(2), 29-44.
Published
2024-06-25