PENDIDIKAN AKHLAK DALAM KITAB ADAB SULUK AL-MURID KARYA HABIB ABDULLAH AL-HADDAD

  • Syarifah Soraya Universitas Islam As-Syafi'iyah
Keywords: Pendidikan Akhlaq, Adab Suluk Al-Murid, Sayyid Abdullah Alhaddad

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana konsep pendidikan Akhlak Dalam perspektif Sayyid Abdullah Al-Haddad, dengan subfokus: Apa Makna dan tujuan pendidikan Akhlak menurut Sayyid Abdullah Al Haddad, Bagaimana Metode dan Kurikulum Pendidikan Akhlak menurut Sayyid Abdullah Alhaddad serta Apa Relevansi konsep Pendidikan Akhlak menurut Sayyid Abdullah Alhaddad. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research). Dengan Sumber Primer buku karangan Sayyid Abdullah Al Haddad yang berjudul Adab Suluk Al Murid . Sedangkan sumber sekundernya adalah buku-buku, jurnal-jurnal yang relevan dengan obyek pembahasan penulis. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif, content analysis, dan analisis interpretatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Pendidikan akhlak ditujukan sebagai upaya pembentukan dan pembinaan akhlak pada jiwa anak, menanamkan nilai-nilai akhlak Islami, memberikan pengajaran, pembiasaan dan latihan untuk senantiasa berbuat kebaikan dan berperilaku sesuai dengan akhlaq al karimah. Hal ini diwujudkan berdasarkan banyaknya kenyataan saat ini akan kemerosotan akhlak, moral dan etika dengan segala macam bentuk tingkah laku mereka yang tidak sedikit menimbulkan kekacauan bagi dirinya pribadi maupun keresahan masyarakat pada umumnya. Berdasarkan hal tersebutlah, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana corak pemikiran Abdullah Al-Haddad dalam pendidikan akhlak dengan mengkaji kembali beberapa buku karangannya yang menjadi sumber primer. Penelitian ini juga dilakukan dengan maksud untuk mengetahui secara lebih jauh konsep-konsep pemikiran Abdullah Al-Haddad yang ia tawarkan dalam rangka pelaksanaan pendidikan akhlak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pendidikan akhlak menurut Abdullah Al-Haddad adalah upaya penanaman nilai-nilai ke Islaman dalam jiwa anak, sehingga segala macam bentuk kegiatan, materi, metode dan juga pendekatan- pendekatan dalam upaya pendidikan akhlak lebih menekankan pada pembentukan sifat-sifat keutamaan sebagai wujud kesempurnaan jiwa yang tercermin dalam bentuk akhlaq al karimah.

References

Abdullah, Yatimin. (2006). Pengantar Studi Etika. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
.(2007). Studi Akhlak dalam Perspektif AlQur’an,Cet.Ke-1. Jakarta: Amzah.
Abi Zakariya Yahya bin Syaraf Al-Nawawi. Riyadh Al Salihin.
Afriantoni, Tesis Prinsip-Prinsip Pendidikan Akhlak Generasi Muda Menurut Bediuzzaman Said Nursi Prinsip-Prinsip Pendidikan Akhlak Generasi Muda Menurut Bediuzzaman Said Nursi,(http://risalahnur.files.wordpress.com, diakses 15 Februari 2019).
Al Barry, M. Dahlan dan Pius A Partanto. (1994). Kamus Ilmiah Populer. Surabaya:
Al-Abrasyi, M. Athiyah. (1987). Dasar-dasar Pokok Pendidikan Islam, terj., Bustami dan Djohar Bahry.Cet., Ke-5. Jakarta: Midas Surya Grafindo.
Al-Ghazali, Abu Hamid.(1995). Mukhtashar Ihya` Ulumuddin, terj. Zaid Husein al Hamid. Jakarta: Pustaka Amani.
Al-Haddad, Syaikh. (1994). Risalah Adab Suluk Al-Murid, Jakarta: Dar Al-Hawi.
. (1999). Al-Nashaih Al-Diniyyah. Jakarta: Dar Al-Hawi.
Al-Muhdor, H. Yunus Ali. (2012). Mengenal Lebih Dekat al-Habib Abdullah bin Alawy al-Haddad.
Amin, Ahmad. (1991). Etika (IlmuAkhlak),terj.,Farid Ma’ruf.Cet.,Ke-6. Jakarta: Bulan Bintang.
Aminuddin. (2006). Membangun Karakter dan Kepribadian Melalui Pendidikan Agama Islam. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Asmaran.(1994). Pengantar Studi Tasawuf. Jakarta: PT. Raja Grafindo.
As-Saqqaf, Husin Nabil. (2011). Langkah Praktis Mendekat Kepada Allah. Tangerang: Penerbit Putra Bumi.
Basri, Hasan dan Beni Ahmad Saebani. (2010). Ilmu Pendidikan Islam Jilid II.Bandung: Pustaka Setia.
Bukhari. Jami’ Al-Shahih.
Daradjat, Zakiah dkk.(1996). Ilmu Pendidikan Islam. Cet. III. Jakarta: Bumi Aksara.
Daud, Wan Mohd Wan. (2003). Filsafat dan Praktik Pendidikan Islam Syed M. Naquib al Attas, terj.,Hamid Fahmi dkk. Bandung: Mizan.
Departemen Agama RI,(2008). Al-Qur’an dan Terjemahan Surat Al- Baqarah:2 ( Bandung :Diponegoro.
Djumransyah. (2004). Filsafat Pendidikan. Malang:Bayu media Publishing.
Gunawan, Heri. (2012). Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi. Bandung:
Hamalik, Oemar. (1994). Kurikulum dan Pembelajaran. Bandung: Bumi Aksara.
Hamid, Abdul dan Beni Ahmad Saebani. (2010). Ilmu Akhlak. Bandung: Pustaka Setia.
Hasan, Muhammad Thoha. (2000). Prospek Islam Dalam Menghadapi Tantangan Zaman. Jakarta: Lantabora.
Ibrahim, Umar. (2001). Thariqah Alawiyyah. Bandung: Mizan.
Kurinasih, Imas dan Berlin Sani. (2014). Implementasi Kurikulum 2013 Konsep dan Penerapan. Cet. II. Surabaya: Kata Pena.
M, Amril. (2002). Etika Islam Telaah Pemikiran Filsafat Moral Raghib Al Isfahani.
Mahmud, Ali Abdul Halim.(2003). Tarbiyah Khuluqiyah Pembinaan Diri Menurut Konsep Nabawi, terj.,Afifuddin. Solo: Media Insani Press.
Mardalis.(1995).Metode Penelitian: Suatu Pendekatan Proposal, cetakan ke-5. Jakarta: Bumi Aksara
Marimba, Ahmad D. (1962). Pengantar Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: Al Ma’arif.
Masy’ari ,Anwar. (1990).Akhlak Alqur’an , Jakarta: Kalam Mulia.
Moleong, Lexy J. (2002). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosda Karya.
Mujieb , M. Abdul, dkk. (2009). Ensiklopedi Tasawuf Imam Al-Ghazali Mudah Memahami dan Menjalankan Kehidupan Spiritual, Jakarta: Hikmah Mizan Publika.
Musfiroh, Tadkirotun. (2008). Pengembangan Karakter Anak Melalui Pendidikan Karakter” dalam Tinjauan Berbagai Aspek Character Building: Bagaimana Mendidik Anak Berkarakter?. Yogyakarta: Tiara Wacana.
Muslim. Shahih Muslim.
Muthahhari, Murtadha. (1995). Kritik Atas Konsep Moralitas Barat Falsafah Akhlak,terj., Faruq bin Dhiya’. Bandung:Pustaka Hidayah.
Nasution. (2006). Kurikulum dan Pengajaran. Cet. IV. Jakarta: Bumi Aksara.
Nata ,Abuddin.(2005).Tokoh-tokoh Pembaruan Pendidikan Islam Di Indonesia. Jakarta:Raja Grafindo Persada.
. (2003). Pemikiran Para Tokoh Pendidikan Islam seri kajian filsafat pendidikan.Cet.,Ke- 3. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
. (2006). Akhlak Tasawuf. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Nizar, Samsul. (2002). Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Pers.
. (2013). Sejarah Pendidikan Islam. Cet. V. Jakarta: Kencana.
Noer Aly, Hery. (1999). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Logos.
Ramayulis. (2010). Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kalam Mulia. Cet-8
Sinaga, Hasanuddin dan Zahruddin AR. (2004). Pengantar Study Akhlak. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sudarsono. (1993). Etika Islam Tentang Kenakalan Remaja.Cet.,Ke-3. Jakarta:Rineka Cipta.
Sukmadinata, Nana Syaodih. (2007). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.
Sulaiman, Fatiyah Hasan. (1986). Sistem Pendidikan Versi Al Ghazali, Bandung: al-Ma’arif.
. (1988). Al Ghazali Dan Pemikiran Pendidikannya,terj. Malang:Dahlan.
Suwarno ,Wiji. (2006). Dasar-dasar Ilmu pendidikan. Jogjakarta: AR-RUZZ.
Syahidin. (1990). Metode Pendidikan Qur’ani Teori dan Aplikasi, Jakarta: CV Misakan Galiza.
Syukri, Ahmad. (2007). Dialog Islam & Barat:Aktualisasi Pemikiran Etika Sutan TakdirAlisjahbana. Jakarta:Gaung Persada Press.
Tafsir, Ahmad. (2012). Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Thoha, Chabib, dkk. (2004). Metodologi Pengajaran Agama. Yogjakarta:Fak.Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang dengan Pustaka Pelajar.
Ulum, Miftahul dan Basuki. (2007). Pengantar Ilmu Pendidikan Islam. Ponorogo: Stain Po Press.
Umar, Bukhori. (2010). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Amzah.
Yacob, Hamzah. (1978). Etika Islam. Jakarta: CV.Publicita.
Yaljan, Miqdad. (2003). Kecerdasan Moral (Aspek Pendidikan Yang Terlupakan),terj.,Tulus. Jogjakarta: Talenta.
Yojakarta: Pustaka Pelajar.
Yunus, Mahmud. (1990). Pokok-Pokok Pendiidkan dan Pengajaran, Jakarta: Hida Karya Agung.
Zuhairini, dkk. (1983). Metodik Khusus Pendidikan Agama. Surabaya: Usaha Nasional.
. (1991). Filsafat Pendidikan Islam. Cet, ke-2. Jakarta: Bumi Aksara
Zuriah, Nurul. (2008). Pendidikan Moral Dan Budi Pekerti Dalam Perspektif Perubahan. Jakarta : Bumi Aksara.
Internet.
Http://hamedz.blogspot.com
Http://ilovehasnibiografi.blogspot.com
Published
2024-06-21