PENGARUH PEMAHAMAN MATERI PEMBELAJARAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK (Studi Survei di SMKN 7 JAKARTA)
Abstract
Harapan agar para siswa dapat memahami semua materi pelajaran mendorong penelitian ini; khususnya, keinginan untuk menemukan cara-cara untuk meningkatkan teknik pengajaran sehingga siswa lebih mudah memahami mata pelajaran yang diberikan. Dengan demikian, ia dapat menginspirasi para siswanya untuk lebih terlibat dalam pembelajaran mereka sendiri dengan memanfaatkan minat mereka untuk melakukannya. Data yang akurat, valid, dan dapat dipercaya mengenai dampak pemahaman materi pelajaran terhadap motivasi belajar siswa SMK Negeri 7 Jakarta adalah tujuan dari penelitian ini. Tingkat dampaknya cukup hingga sedang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif korelasi sebagai metodologinya. Dengan menggunakan metode pengumpulan data, observasi, dan pencatatan, sebanyak 43 siswa dari SMK Negeri 7 Jakarta dipilih dengan menggunakan pendekatan sampel acak sederhana. Dalam melakukan analisis menggunakan metode korelasi product moment. Berdasarkan hasil penelitian, terlihat jelas bahwa "ro" lebih besar daripada "rt" baik pada taraf signifikan 5% maupun 1%, karena uji koefisien product moment menghasilkan "rxy" atau "ro" sebesar 0,693, dibandingkan dengan "rt" pada taraf signifikan 5% = 0,304 dan taraf signifikan 1% = 0,393. Dengan demikian, hasil tersebut menunjukkan bahwa Hipotesis Alternatif (Ha) diterima sedangkan Hipotesis Nihil (Ho) ditolak. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar siswa SMK Negeri 7 Jakarta dipengaruhi oleh seberapa baik mereka memahami materi pelajaran.
References
Emda Amna. (2017). KEDUDUKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN.Https://Jurnal.ArRaniry.Ac.Id/Index.Php/Lantanida/Article/View/2838/2064.
Parhan Muhammad. (2018). KONTEKSTUALISASI MATERI DALAM PEMBELAJARAN. Https://Www.Ejournal.Ihdn.Ac.Id/Index.Php/AW/Article/View/901.
Rahman Sunarti. (2021). PENTINGNYA MOTIVASI BELAJAR DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR. Https://Ejurnal.Pps.Ung.Ac.Id/Index.Php/PSNPD/Article/View/1076/773.
Sabarudin. (2018). MATERI PEMBELAJARAN DALAM KURIKULUM 2013. MATERI PEMBELAJARAN DALAM KURIKULUM 2013.
Suharni. (2021). UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA. UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA.
Zelia. (2023). Tingkat pemahaman masyarakat desa kembang seri terhadap peran otoritas jasa keuangan (OJK). Tingkat pemahaman masyarakat desa kembang seri terhadap peran otoritas jasa keuangan (OJK), 24-25.
Copyright (c) 2024 Tahdzib Al-Akhlaq: Jurnal Pendidikan Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).