PENGARUH PEMAHAMAN MATERI PEMBELAJARAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK (Studi Survei di SMKN 7 JAKARTA)

  • Nur Hasan Universitas islam jakarta
  • Nadiah M.pd.I Universitas Islam Jakarta
Keywords: Pemahaman materi pembelajaran, Motivasi belajar

Abstract

Harapan agar para siswa dapat memahami semua materi pelajaran mendorong penelitian ini; khususnya, keinginan untuk menemukan cara-cara untuk meningkatkan teknik pengajaran sehingga siswa lebih mudah memahami mata pelajaran yang diberikan. Dengan demikian, ia dapat menginspirasi para siswanya untuk lebih terlibat dalam pembelajaran mereka sendiri dengan memanfaatkan minat mereka untuk melakukannya. Data yang akurat, valid, dan dapat dipercaya mengenai dampak pemahaman materi pelajaran terhadap motivasi belajar siswa SMK Negeri 7 Jakarta adalah tujuan dari penelitian ini. Tingkat dampaknya cukup hingga sedang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif korelasi sebagai metodologinya. Dengan menggunakan metode pengumpulan data, observasi, dan pencatatan, sebanyak 43 siswa dari SMK Negeri 7 Jakarta dipilih dengan menggunakan pendekatan sampel acak sederhana. Dalam melakukan analisis menggunakan metode korelasi product moment. Berdasarkan hasil penelitian, terlihat jelas bahwa "ro" lebih besar daripada "rt" baik pada taraf signifikan 5% maupun 1%, karena uji koefisien product moment menghasilkan "rxy" atau "ro" sebesar 0,693, dibandingkan dengan "rt" pada taraf signifikan 5% = 0,304 dan taraf signifikan 1% = 0,393. Dengan demikian, hasil tersebut menunjukkan bahwa Hipotesis Alternatif (Ha) diterima sedangkan Hipotesis Nihil (Ho) ditolak. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar siswa SMK Negeri 7 Jakarta dipengaruhi oleh seberapa baik mereka memahami materi pelajaran.

References

Azhar Haq. (2018). MOTIVASI BELAJAR DALAM MERAIH PRESTASI. Pendidikan Agama Islam, 197–200.
Emda Amna. (2017). KEDUDUKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN.Https://Jurnal.ArRaniry.Ac.Id/Index.Php/Lantanida/Article/View/2838/2064.
Parhan Muhammad. (2018). KONTEKSTUALISASI MATERI DALAM PEMBELAJARAN. Https://Www.Ejournal.Ihdn.Ac.Id/Index.Php/AW/Article/View/901.
Rahman Sunarti. (2021). PENTINGNYA MOTIVASI BELAJAR DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR. Https://Ejurnal.Pps.Ung.Ac.Id/Index.Php/PSNPD/Article/View/1076/773.
Sabarudin. (2018). MATERI PEMBELAJARAN DALAM KURIKULUM 2013. MATERI PEMBELAJARAN DALAM KURIKULUM 2013.
Suharni. (2021). UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA. UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA.
Zelia. (2023). Tingkat pemahaman masyarakat desa kembang seri terhadap peran otoritas jasa keuangan (OJK). Tingkat pemahaman masyarakat desa kembang seri terhadap peran otoritas jasa keuangan (OJK), 24-25.
Published
2024-06-28