SEJARAH PEMIKIRAN PENDIDIKAN IBN MISKAWAIH
Abstract
Ibnu Maskawaih adalah seorang pemikir (filosuf) dan juga seorang penulis produktif. Pada masanya keberhasilan politik dan kemajuan ilmu pengetahuan tidak
dibarengi dengan ketinggian Akhlak, bahkan dilanda kemerosotan akhlak secara umum, baik dikalangan elit, menengah dan bawah. Tampaknya hal inilah yang
memotivasi Maskawaih untuk memusatkan perhatianya pada etika Islam. Manusia adalah makhluk yang berkembang karena dipengaruhi oleh pembawaan
lingkungan yang merupakan suatu hakikat wujud manusia. Maka konsep pendidikan yang dibangun oleh Ibn Miskawih bertumpu pada pendidikan akhlak. Ibnu
Maskawaih merupakan seorang yang tekun dalam melakukan percobaan-percobaan untuk mendapatkan ilmu-ilmu baru. Beliau juga seorang teoritis dan telah mengupas filsafat akhlakiyah secara analisa pengetahuan. Konsep yang ditawarkannya adalah berdasar pada doktrin jalan tengah yang berarti menekankan kesimbangan, moderat, harmoni, utama, mulia, atau posisi tengah antara dua ekstrim.
This work is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).