الجامعات الإسلامية فى إندونيسيا وتحديات مجتمع المعرفة

  • Khairan Muhammad Arif
Keywords: الجامعات، الإسلامية، المجتمع، المعرفة، التكنولوجية، التحديات, Universitas, Islam, Masyarakat, Pengetahuan, Teknologi, Tantangan

Abstract

ملخص: تهدف هذه الدراسة إلى التعرف على واقع قضايا ومشكلات الجامعات الإسلامية فى إندونيسيا الراهنة. وإبراز أهم تحديات الألفية الثالثة والتحديات الداخلية التى تواجهها الجامعات الإسلامية فى إندونيسيا من خلال متطلبات ومجتمع المعرفة، ووضع تصور مقترح لتطوير الوضع الراهن فى ضوء إستراتيجية مقترحة لمواجهة تحديات ومجتمع المعرفة.

وتستخدم هذه الدراسة فى بعض جوانبها المنهج الوصفى التحليلى التاريخى، وذلك عند التعرض لتطور واقع الجامعات الإسلامية فى إندونيسيا من ناحية النوعية والكمية. كما اتجهت لاستخدام الأساليب المستقبلية لتقديم التوقعـات المحتملة والممكنة لهذه الجامعات.

وتحصل  هذه الدراسة على نتائج منها: واجهت الجامعات الإسلامية فى إندونيسيا تحديات ومشكلات جسام والتى تتمثل فى متطلبات العولمة ومجتمع المعرفة. ومن ثم يتطلب للجامعات الإسلامية العمل على إعداد طاقات إنتاجية جديدة وأهمها إنتاج المعارف، وإحراز تقدم علمي وتكنولوجي، يسهم فى تطوير المهن، وإعادة بناء الأنشطة البحثية، و اقتصاد المعرفة وغيرها. ومن متطلبات هذه التحديات فللجامعات الإسلامية الإندونيسية القيام بالعديد من الإجراءات الضرورية التى تساعد على إنتاج المعارف، ومنها: تصنيف وتبويب المعارف الجديدة، وتحسين إنتاجية التعليم، وضمان مراقبة الجودة للجامعات، والاهتمام بالتكنولوجيا حيث إنه يشكل أبرز مكونات الجامعات الحديثة، كما يتطلب من هذه الجامعات الإهتمام باقتصادية المعرفة من خلال تسويق منتجاتها المعرفية من الموارد العلمية وغيرها.

Studi ini bertujuan untuk mengidentifikasi kondisi, problematika dan masalah-masalah yang dihadapi oleh Universitas-universitas Islam di Indonesia saat ini, menyingkap tantangan-tantangan millennium ketiga baik secara internal maupun eksteral yang dihadapi oleh universitas-universitas ini ditinjau dari tuntutan masyarakat pengetahuan (Knowledge Society), serta memberikan gagasan-gagasan solusi  terhadap kondisi ini dengan usulan dan gagasan strategi dalam rangka menghadapi tantangan masyarakat pengetahuan.

Studi ini menggunakan metode kualitatif dalam bentuk deskriptif, analisis historis  ketika membahas tentang masalah kualitas dan kuantitas universitas Islam di Indonesia, dan juga menggunakan metode futuristic ketika menyuguhkan realitas-realitas yang bersifat prediktif yang akan terjadi pada universitas-universitas ini.

Studi ini melahirkan hasi-hasil kajian diantaranya: bahwa Universitas-universitas Islam Indonesia menghadapi tantangan serius dalam bentuk kemampuan mengahadapi konsekwensi dan tuntutan globalisasi dan masyarakat pengetahuan. Oleh karenanya Universitas-universitas Islam dituntut untuk mampu menjadi industri energy-energi produktif baru, dimana yan terpenting dari indistri itu adalah memproduksi pengetahuan-pengetahuan yang baru, berperan dalam kemajuan ilmu dan teknologi, berkontribusi dalam mengembangkan minat mahasiswa, merevitalisasi jenis produk penelitian mereka dan melakukan marketing terhadap hasil penelitian. Untuk merealisasikan itu semua, maka universitas-universitas Islam Indonesia wajib melakukan proses-proses penting yang dapat merealisasikan kemampuan menjadi industri yang  memproduksi pengetahuan, diantaranya adalah kemampuan mengklasisfikasi dan mengidentifikasi pengetahuan-pegatahuan baru, memperbaiki produktifitas pembelajaran, menjamin kualitas control universitas dan memperhatikan teknologi pendidikan karena telah mejadi factor penting dewasa ini dalam kehidupan universitas. Demikian pula universitas-unversitas Islam harus mampu menjadikan ilmu pengetahuan sebagai komoditas ekonomi, dengan cara memasarkan produk-produk ilmu dan riset ilmiahnya dan sebagainya.

Published
2018-01-08