PENDIDIKAN DAN PEMBINAAN ANAK YATIM PERSPEKTIF AL-QUR’AN
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah untuk memberikan gaiden kepada semua pihak yang terlibat dalam Pendidikan dan Pembinaan anak yatim yang merupakan tanggungjawab besar dan mulia di sisi Allah swt. Oleh karenanya semua pihak yang terlibat dalam proyek pembinaan anak yatim ini, harus mengetahui Hukum memelihara anak yatim dan Kedudukan anak yatim dalam Islam. Penelitian ini juga memberikan strategi dan pola asuh yang sesuai dengan Al-Qur’an dan As-Sunnah kepada Anak Yatim, sehingga mereka menjadi generasi harapan umat karena banyak pemimpin dunia pada masa kecil mereka adalah anak yatim.
Penelitian ini menggunakan metode Deskripsi dan Liberary Reseach yang memfokuskan penelitian dan kajian kepustakaan dan literasi, khususnya Al-Qur’an dan As-Sunnah dengan pendekatan analisis ilmiah, historis dan pengamatan terhadap pola pembinaan anak yatim selama ini.
Hasil penelitian ini, selain memberikan penguatan hukum dan kedudukan anak yatim yang begitu penting dan mulia, juga memberikan strategi efektif dalam mendidik dan membina anak yatim menjadi orang-orang suskses diantaranya: Strategi memuliakan dan memelihara anak yatim dalam bentuk perumahan hingga remaja, Strategi mengelola harta anak yatim sampai mereka mampu, Strategi Pendidikan dan Membina anak yatim sampai mereka berilmu dan Strategi membina mereka untuk mampu membangun keluarga mandiri.
This work is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).