ANALISIS SISTEM ANTRIAN UNTUK MENINGKATKAN EFEKTIFITAS PELAYANAN PADA RUMAH SAKIT PEKANBARU

  • Putri Aseha Pendidikan Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sultan Syarif Kasim Riau
  • Depriwana Rahmi Pendidikan Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sultan Syarif Kasim Riau
  • Suci Yuniati Pendidikan Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sultan Syarif Kasim Riau
  • Annisa Kurniati Pendidikan Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sultan Syarif Kasim Riau

Abstract

Antrian adalah suatu proses dimana sejumlah orang, benda, atau entitas lain menunggu sepanjang waktu dalam urutan tertentu untuk mendapatkan suatu layanan atau sumber daya. Penelitian ini bertujuan menganalisis sistem antrian di Rumah Sakit Sansani Pekanbaru untuk mengidentifikasi masalah potensial, mengukur dampak masalah dalam sistem antrian terhadap efektivitas pelayanan, termasuk waktu tunggu pasien, serta mengembangkan rekomendasi perbaikan dan solusi untuk meningkatkan efektivitas pelayanan. Metode pengumpulan data yaitu melalui pengamatan di Rumah Sakit Sansani Pekanbaru dan didukung dengan banyak referensi dari peneliti terdahulu untuk mendapat dasar dalam melakukan penelitian dan Metode analisis data yang digunakan saat penelitian adalah model antrian Multhi Channel-Multhi Phase. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa sistem antrian yang sedang diterapkan perlu adanya sedikit perbaikan dan peningkatan dalam hal efisiensi dan efektivitas. Karena, pada sistem antrian tersebut terjadi sedikit penumpukan pasien pada loket pendaftaran hal ini bisa dilihat dari waktu yang telah dihabiskan pasien dalam sistem adalah 0,5 menit atau 30 menit kemudian waktu yang dihabiskan pasien dalam antrian adalah 0,3 atau 18 menit. Dengan demikian perbaikan yang bisa dilakukan adalah dengan menambahkan 1 pegawai pada loket pendaftaran maka, waktu yang dihabiskan pasien dalam sistem akan menjadi 0,4 atau 24 menit dan waktu yang dihabiskan pasien dalam antrian adalah 0,2 atau 12 menit.

 

Published
2023-12-04