JUSTICE IN ISLAMIC PERSPECTIVE

KEADILAN DALAM PERSPEKTIF ISLAM

  • Zulkarnain Lubis
Keywords: Justice, Islamic Perspective

Abstract

Islam adalah agama yang sempurna. Kesempurnaan Islam itu dapat dilihat dari prinsip-prinsip ajaran yang dikandungnya. Salah satu prinsip yang menempati posisi penting dan menjadi diskursus dari waktu kewaktu  adalah  keadilan  (al‘adalah)

Tujuan bernegara Indonesia adalah terpenuhinya keadilan bagi seluruh masyarakat Indonesia. Hal ini dapat diketahui baik dalam Pembukaan UUD 1945 maka negara yang hendak didirikan adalah negara Indonesia yang adil dan bertujuan menciptakan keadilan sosial

Islam memerintahkan kepada setiap manusia untuk berbuat adil  atau  menegakkan keadilan pada setiap tindakan dan perbuatan  yang  dilakukan,  hal  ini  dapat dilihat dari [1]QS.An-Nisaa ayat 58 yang artinya  :  sesungguhnya  Allah  menyuruhmu menyampaikan amanat kepada yang  berhak  menerimanya,  dan (menyuruh kamu) apa bila menetapkan hukum di antara manusia supaya kamu menetapkan dengan adil. Sesungguhnya Allah memberikan pengajaran yang sebaik- baiknya kepadamu. Sesungguhnya Allah Maha mendengar dan Maha melihat. Selanjutnya dalam Al-Quran dijumpai perintah  kepada  orang-orang  yang  beriman untuk menjadi penegak keadilan yaitu dalam ‘[2] QS An-Nisaa (ayat 135)  yang artinya  : Wahai orang-orang yang beriman, jadilah kamu orang yang benar-benar penegak keadilan, menjadi saksi karena Allah walaupun  terhadap  dirimu  sendiri  atau  ibu, Bapak dan kaum kerabatmu, jika ia kaya ataupun miskin, maka Allah lebih tahu kemaslahatanya. Maka janganlah kamu mengikuti hawa nafsu  karena  ingin  menyimpang dari kebenaran. Dan jika  kamu  memutar  balikkan  (kata-kata)  atau dengan menjadi saksi, maka seungguhnya Allah Maha mengetahui segalanya apa yang kamu lakukan.

Kemudian dalam QS As-Syuraa ayat 15 yang artinya : Maka karena itu serulah (mereka kepada agama itu) dan tetaplah sebagaimana diperintahkan kepadamu dan janganlah mengikuti hawa nafsu mereka dan katakanlah Aku  beriman  kepada  semua kitab yang diturunkan Allah dan aku diperintahkan  supaya  berlaku  adil  di  antara kamu. Bagi kami amal-amal kami dan bagi kamu amal-amal kamu

 

 

 

References

Al-Quran dan Terjemah

Abdullah, F. (2019). KEUTAMAAN SYARIAT ISLAM. Al-Risalah: Jurnal Studi Agama dan Pemikiran Islam, 10(1), 130-140.

Arif, K. M. (2021). STRATEGI MEMBANGUN SDM YANG KOMPETITIF, BERKARAKTER DAN UNGGUL MENGHADAPI ERA DISRUPSI. Tahdzib Al-Akhlaq: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 1-11.

Arif, K. M. (2021). CONCEPT AND IMPLEMENTATION OF RELIGIOUS MODERATION IN INDONESIA. Al-Risalah: Jurnal Studi Agama dan Pemikiran Islam, 12(1), 90-106.

Faqihuddin, A. (2019). HUBUNGAN ISLAM DAN BARAT. Al-Risalah: Jurnal Studi Agama dan Pemikiran Islam, 10(1), 53-72.

Hadi, A., & Uyuni, B. (2021). The Critical Concept of Normal Personality in Islam. Al-Risalah: Jurnal Studi Agama dan Pemikiran Islam, 12(1), 1-19.

Mahfuz, M. (2020). Produksi dalam Islam. El-Arbah: Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Perbankan Syariah, 4(01), 17-38.

Munajah, N., & Lubis, Z. (2018). ANALISA PENGEMBANGAN MIKRO EKONOMI SYARIAH BERBASIS PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN RUMAH TANGGA. El-Arbah: Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Perbankan Syariah, 1(01), 52-58.

Rasyid, Daud. Reformasi Republik Sakit

Sajadi, D. (2019). AGAMA, ETIKA DAN SISTEM EKONOMI. El-Arbah: Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Perbankan Syariah, 3(02), 1-17.

Sajadi, D. (2020). PROBLEMATIKA DAKWAH KONTEMPORER. Al-Risalah: Jurnal Studi Agama dan Pemikiran Islam, 11(2), 93-109.

Uyuni, B. (2020, September). The Medina Society as the Ideal Prototype for Community Development. In Proceeding International Da'wah Conference (Vol. 1, No. 1, pp. 80-104).

Uyuni, B. (2021). The Rasulullah's Way of Business: as the Best Example for Student. Jurnal Bina Ummat: Membina dan Membentengi Ummat, 4(1), 121-137.

Published
2021-09-01