PENDIDIKAN DAN PERUBAHAN SOSIAL

  • Mu'allimah Rodhiyana Universitas Islam As-Syafi'iyah

Abstract

Pendidikan dan Perubahan Sosial. Keduanya saling berhubungan satu dengan yang lain, keduanya saling mempengaruhi, sehingga berdampak luas di masyarakat. Pendidikan adalah lembaga yang dapat di jadikan agen pembaharuan atau perubahan sosial dan sekaligus menentukan arah Perubahan Sosial yang disebut dengan pembangunan masyarakat. Sedangkan perubahan sosial yang terjadi dalam masyarakat setiap kalinya dapat direncanakan dengan arah perubahan yang ingin dicapai. Namun perubahan sosial juga dapat terjadi setiap saat tanpa harus direncanakan terlebih dahulu disebabkan pengaruh budaya dari luar. Pendidikan sejak dulu sampai sekarang merupakan hal terpenting dalam hidup manusia. Pendidikan memberikan kemajuan pemikiran umat manusia, sehingga taraf hidup mereka meningkat. Dalam perkembangannya dari zaman ke zaman pendidikan berubah menjadi suatu sistem. Suatu sistem pendidikan yang tersusun secara sistematis diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 tahun 2003 tentang Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 11 ayat 1, yang menjelaskan bahwa pendidikan dilaksanakan melalui 3 jalur yaitu pendidikan formal, nonformal,dan informal. Ketiga jalur pendidikan ini satu sama lain saling berkait dan membutuhkan untuk melakukan perubahan sosial yang terjadi di masyarakat kelak. Selain ketiga jalur tersebut anak-anak Indonesia wajib menempuh pendidikan “wajib belajar 9 tahun”, sebagai program pemerintah dalam meningkatkan SDM masyarakat Indonesia.

References

Buku Ilmu Pendidikan (Konsep, Teori dan Aplikasinya) karya Dr. Rahmat Hidayat M, A dan Dr. Abdillah S,AG M,PD
Ahmadi Abu dan Nur Uhbiyati, 2007. “Ilmu Pendidikan.” Jakarta: PT Rineka Cipta. Dewey, John,2003. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Syarifudin Jurdi, Awal Mula Sosiologi Modern: Kerangka Epistemologi, Metodologi, dan Perubahan Sosial Perspektif Ibn Khaldun (Yogyakarta: Kreasi Wacana, 2012). 78.
Agus Salim, Perubahan Sosial: Sketsa Teori dan Refleksi Metodologi Kasus Indonesia (Yogyakarta: Tiara Wacana, 2020), 20.
K.J. Veeger, Realitas Sosial, Refleksi Filsafat Sosial atas Hubungan Individu Masyarakat Dalam Cakrawala Sejarah Sosiologi (Jakarta: Gramedia, 1993), 214.
Talcott Parsons,” A Functional Theory of Change”, dalam Eva Etzioni-Halevy dan Amitai Etzioni, Social Changes: Sources, Patterns and Consequences (New York: Basic Book, 1994), 76.
Donatus Patty, pengantar Sosiologi (Kupang: CV Kasih Indah, 2005), 248-252. Rezot, Kang. 2016. Dampak Positif dan Negatif Perubahan Sosial.
Published
2024-04-20