USULAN KEMASAN PRODUK KECAP PT ABC BERDASARKAN JUMLAH DATA PENJUALAN TIAP KEMASAN MENGGUNAKAN FORECASTING DAN TIME SERIES ANALYSIS

  • JOKO RIYONO Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknologi Industri Universitas Trisakti
  • CHRISTINA ENI PUJIASTUTI Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknologi Industri Universitas Trisakti
Keywords: Forecasting, Trend, Perancangan Produk, Berorientasi Pasar

Abstract

Forecasting merupakan salah satu metode di dalam statistik yang digunakan untuk melakukan pendugaan atau perkiraan tentang terjadinya suatu peristiwa atau trend yang akan berlaku di masa yang akan datang. Forecasting ini sangat bermanfaat di berbagai bidang kehidupan. Salah satu manfaat tersebut diantaranya dalam perancangan produk yang berorientasi pasar. Penelitian ini akan membahas pembuatan  forecasting ke depan untuk penjualan produk di PT ABC berdasarkan data penjualan yang dimiliki pada periode waktu sebelumnya.Hasil forecasting yang diperoleh nantinya dapat digunakan  pihak management untuk  menentukan trend yang sedang dan akan berlaku di waktu yang akan datang, sedemikian nantinya berimbas pada keuntungan optimal yang akan diperoleh oleh pihak management.Berdasarkan data penjualan yang ada ternyata diperoleh bahwanya kemasan refill 125ml memiliki prospek penjualan yang paling baik sampai 12 bulan kedepan dibanding kemasan yang lain,sedangkan kemasan sachet pack memiliki prospek penjualan yang paling minim.

 

Published
2021-04-16