USULAN PERBAIKAN KUALITAS PRODUK FUEL PUMP PADA TIPE ENGINE SAA12V140-3 MELALUI PENDEKATAN SIX SIGMA

  • Aris Fananda Program Studi Teknik Industri Universitas Islam As-Syafiiyah
  • Dian Eko Adi Prasetio
Keywords: Kualitas, Six Sigma, DMAIC, FMEA, Fuel Pump

Abstract

PT Saptaindra Sejati adalah perusahaan yang bergerak di bidang kontraktor pertambangan batubara. Tahun 2009 Plant Rebuild Center (PRC) didirikan yang berfungsi untuk mengatur dan melakukan overhaul pada seluruh alat berat (unit) yang ada di seluruh area kerja PT Saptaindra Sejati, dalam prosesnya PRC juga tidak terlepas dari masalah yang berkaitan dengan kualitas produk overhaul. Hal ini dapat terlihat melalui frekuensi defect pada produk fuel pump. defect pada produk fuel pump disebabkan pengerjaan overhaul fuel pump tidak terkontrol dengan baik. Dengan adanya pemasalahan pada produk overhaul fuel pump ini, maka tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi penyebab turunnya kualitas overhaul fuel pump dan memberikan usulan perbaikan yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kualitas overhaul fuel pump melalui metode pendekatan six sigma. Fokus dari penerapan Six Sigma adalah mengurangi tingkat defect sampai 3.4 defect perjuta peluang. Six Sigma memiliki lima fase yaitu Define, Measure, Analyze, Improve, Control (DMAIC). Pada penerapan DMAIC diketahui kualitas fuel pump yang baik bila tidak ada kebocoran oli, kebocoran fuel, kerusakan elektrikal dan performa sesuai standar. Dari penelitian ini didapatkan nilai level sigma pada overhaul fuel pump adalah 2.9. Analisa penyebab defect menggunakan fish bone diagram diketahui terdapat 4 faktor penyebab defect yaitu faktor manusia, metode, mesin dan material. Dari penghitungan FMEA diketahui penyebab utama defect adalah kurang lengkapnya prosedur assembly fuel pump, solusi potensial yang harus dilakukan adalah pembuatan kelengkapan prosedur berupa prosedur assembly fuel pump. Usulan tahap control dengan pembuatan p-chart dan penghitungan nilai level sigma terkait defect fuel pump setelah dilakukan perbaikan.

Published
2021-10-30