REDESAIN BODI PADA KENDARAAN BERMOTOR RODA DUA MENGGUNAKAN METODE ELEMEN HINGGA BERBASIS MATLAB R2008a

  • Tugiman Farudin Program Studi Teknik Mesin Universitas Islam As-Syafiiyah
Keywords: Aerodinamika, Rolling, Pitching, Yawing

Abstract

Redesain bodi pada kendaraan bermotor roda dua merupakan perpaduan dari berbagai disiplin ilmu pengetahuan yang masing-masing mengalami perkembangan yang pesat, walaupun dalam laju yang berbeda. Menentukan koefisien aerodinamika dan posisi titik tengah kendaraan, setiap kendaraan mempunyai 6 koefisien aerodinamik yaitu 3 buah koefisien gaya aerodinamik dan 3 koefisien momen aerodinamik. Dalam penelitian ini menentukan ke enam koefisien aerodinamika dari suatu kendaraan roda dua yang menggunaka kanopi. Maka ketiga momen aerodinamik yang bekerja pada kendaraan dapat di tentukan hambatan dan kecepatannya. Koefisien aerodinamik kendaraan dapat dicari secara eksperimen dan dengan simulasi dengan prinsif dinamika Fluida. Dalam penelitian ini mengunakan salah satu metode elemen hingga berbasis matlab 2008 untuk mendapat koefisien hambatan (CD) dan koefisien (fr) suatu kendaraan bermotor roda dua dengan memodelkan matematika untuk dapat menghitung besaran yang dicari yaitu Cd dan Cf. Redesain kanopi pada kendaraan bermotor roda dua dan pola aliran udara pada kendaraan maka besaran kemungkinan titik kerja ketiga gaya angin tersebut yang pada umumnya disebutkan “center of pressure” (Cp) berada diluar titik pusat massa dari kendaraan (Cg). Karena letak Cp dan Cg berbeda maka ketiga gaya aerodinamik diatas dapat menimbulkan momen aerodinamik diatas dapa menimbulkan momen aerodinamis terhadap sumbu x, y, z. Maka dalam bodi kendaraan roda dua di titik beratkan pada keamanan, kenyaman, dan keselamatan. Dari hasil perancanaan dikembangkan analisis perhitungan kanopi pada kendaraan roda dua yang diperoleh hasil panjang kanopi 1320 mm, lebar kanopi 730 mm, tinggi 1060 mm

Published
2022-12-22