PENGUKURAN KINERJA KARYAWAN MENGGUNAKAN METODE BALANCED SCORECARD DI PT. X

  • Devianita Emra Universitas Islam As-syafi'iyah
Keywords: balanced scorecard, pelayanan, perspektif, pengukuran kinerja

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kinerja karyawan di PT. X yang berlokasi di Pondok Bambu, Jakarta Timur, yang bergerak di bidang pengadaan pesawat udara jenis BAE 146-100 dengan rute Jakarta-Ketapang-Jakarta. Berdasarkan penelitian ini, perusahaan akan memberlakukan sistem reward/punishment pada karyawannya. Karyawan yang dinilai kinejanya pada penelitian ini terbatas pada karyawan bagian reservasi. Metode yang digunakan adalah Balanced Scorecard, dengan menggunakan data realisasi pendapatan dan realisasi pengeluaran sebagai tolak ukur pada perspektif finansial, jumlah penumpang dan rasio keluhan pelanggan sebagai tolak ukur pada perspektif pelanggan, waktu pelayanan sebagai tolak ukur pada perspektif bisnis internal, jumlah training kepemimpinan sebagai tolak ukur pada perspektif pembelajaran dan pertumbuhan. Hasil yang diperoleh pada agent A dengan nilai 60.6% skor 7, agent B dengan nilai 40.47% skor 5, reservasi C dengan nilai 57.43% skor 6, reservasi D dengan nilai 60.85% skor 6 dan reservasi E dengan nilai 88.01% skor 7. Dapat disimpulkan dari keseluruhan nilai bahwa kinerja karyawan perusahaan ini cukup memuaskan.

Published
2023-11-16