THE EFFECT OF TEACHER COMPETENCY ON PERFORMANCE APPRAISAL
Abstract
Tulisan ini merupakan penelitian untuk menganalisis kompetensi guru dalam penilaian kinerja guru di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Marsudirini Bogor. Penelitian ini mengkaji apakah kompetensi profesional, pedagogik, kompetensi kepribadian dan kompetensi kompetensi sosial berpengaruh terhadap penilaian kinerja. Penilaian kinerja adalah proses evaluasi sistematis kinerja karyawan dengan memperhatikan standar dan bagaimana mengkomunikasikan informasi tersebut kepada mereka. Keempat kompetensi tersebut bersifat integratif dalam kinerja guru. Dalam penilaian kinerja, instrumen dan model proses yang digunakan oleh lembaga penilaian kinerja guru harus memperhatikan keempat kompetensi guru tersebut. Alat ini merupakan bagian penting dari manajemen kinerja karena membantu karyawan meningkatkan kinerjanya Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini merupakan penelitian kausalitas yang menggunakan teknik analisis regresi berganda untuk melihat pengaruh langsung beberapa variabel bebas terhadap variabel terikat. Analisis data menggunakan analisis regresi dengan menggunakan Smartpls versi 3.3.2 for windows (Chin, 2010). Dalam penelitian ini untuk menganalisis Variabel menggunakan skala Likert dengan lima tingkat penilaian, yaitu Sangat Setuju (SS), Setuju (S), Netral (N), Tidak Setuju (TS) dan Sangat Tidak Setuju (STS). Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling, yaitu dengan memilih 45 guru yang pernah mengajar minimal 1 tahun dan pernah mengalami penilaian kinerja guru. Skor yang diberikan mulai dari 5 untuk jawaban SS hingga 1 untuk jawaban STS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keempat kompetensi guru berpengaruh terhadap penilaian kinerja guru. Hasil analisis data membuktikan bahwa kompetensi pedagogik lebih dominan dalam membentuk penilaian kinerja guru. Secara umum, meskipun terdapat korelasi yang jelas, penyajian pengaruh masing-masing kompetensi terhadap penilaian kinerja masih di bawah 50%. Sekolah disarankan untuk mencari strategi untuk lebih memajukan keempat kompetensi tersebut yang pada gilirannya akan meningkatkan kinerja guru. Kompetensi sosial memiliki pengaruh terkecil (15,7%) terhadap penilaian kinerja guru. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keempat kompetensi guru berpengaruh terhadap penilaian kinerja guru. Hasil analisis data membuktikan bahwa kompetensi pedagogik lebih dominan dalam membentuk penilaian kinerja guru sebesar 38,9%.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).