THE EFFECT OF TEACHER COMPETENCY ON PERFORMANCE APPRAISAL

  • Hendri Eka Jaya Putra Universitas Negeri Jakarta
  • Warsim Warsim Pelita Harapan University
  • Peter Titirloloby Universitas Pelita Harapan
Keywords: Performance, Management, Performance Appraisal, Teacher competence

Abstract

Tulisan ini merupakan penelitian untuk menganalisis kompetensi guru dalam penilaian kinerja guru di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Marsudirini Bogor. Penelitian ini mengkaji apakah kompetensi profesional, pedagogik, kompetensi kepribadian dan kompetensi kompetensi sosial berpengaruh terhadap penilaian kinerja. Penilaian kinerja adalah proses evaluasi sistematis kinerja karyawan dengan memperhatikan standar dan bagaimana mengkomunikasikan informasi tersebut kepada mereka. Keempat kompetensi tersebut bersifat integratif dalam kinerja guru. Dalam penilaian kinerja, instrumen dan model proses yang digunakan oleh lembaga penilaian kinerja guru harus memperhatikan keempat kompetensi guru tersebut. Alat ini merupakan bagian penting dari manajemen kinerja karena membantu karyawan meningkatkan kinerjanya Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini merupakan penelitian kausalitas yang menggunakan teknik analisis regresi berganda untuk melihat pengaruh langsung beberapa variabel bebas terhadap variabel terikat. Analisis data menggunakan analisis regresi dengan menggunakan Smartpls versi 3.3.2 for windows (Chin, 2010). Dalam penelitian ini untuk menganalisis Variabel menggunakan skala Likert dengan lima tingkat penilaian, yaitu Sangat Setuju (SS), Setuju (S), Netral (N), Tidak Setuju (TS) dan Sangat Tidak Setuju (STS). Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling, yaitu dengan memilih 45 guru yang pernah mengajar minimal 1 tahun dan pernah mengalami penilaian kinerja guru. Skor yang diberikan mulai dari 5 untuk jawaban SS hingga 1 untuk jawaban STS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keempat kompetensi guru berpengaruh terhadap penilaian kinerja guru. Hasil analisis data membuktikan bahwa kompetensi pedagogik lebih dominan dalam membentuk penilaian kinerja guru. Secara umum, meskipun terdapat korelasi yang jelas, penyajian pengaruh masing-masing kompetensi terhadap penilaian kinerja masih di bawah 50%. Sekolah disarankan untuk mencari strategi untuk lebih memajukan keempat kompetensi tersebut yang pada gilirannya akan meningkatkan kinerja guru. Kompetensi sosial memiliki pengaruh terkecil (15,7%) terhadap penilaian kinerja guru. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keempat kompetensi guru berpengaruh terhadap penilaian kinerja guru. Hasil analisis data membuktikan bahwa kompetensi pedagogik lebih dominan dalam membentuk penilaian kinerja guru sebesar 38,9%.

Published
2021-05-30
How to Cite
Jaya PutraH., WarsimW., & TitirlolobyP. (2021). THE EFFECT OF TEACHER COMPETENCY ON PERFORMANCE APPRAISAL. Akademika : Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(01), 235-247. https://doi.org/10.34005/akademika.v10i01.1148