PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DAN KREATIVITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK)

  • Fahri Yasin Universitas Islam As-Syafi'iyah
  • Teni Nurrita Universitas Islam As-Syafi'iyah
Keywords: Model Pembelajaran Project Based Learning, Kreativitas, Hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti dan menganalisis tentang (1) perbedaan
hasil belajar yang menggunakan model pembelajaran Project Base Learning dan model
pembelanjaran konvensial dengan kondisi siswa yang memiliki kreativitas tinggi dan
rendah. (2) pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan kreativitas belajar terhadap
hasil belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi. Penelitian ini menggunakan metode
eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas 4 SD Islam At Taubah
Jakarta Timur. Pengambilan sampel dengan cara random sampling, sehingga terpilih 48
siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)Hasil belajar Teknologi Informasi dan
Komunikasi siswa yang diajar menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning
lebih tinggi daripada siswa yang diajar menggunakan Model Pembelajaran Konvensional.
(2) Terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan kreativitas belajar
terhadap hasil belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi. (3) Hasil belajar Teknologi
Informasi dan Komunikasi siswa yang mempunyai kreativitas belajar tinggi lebih tinggi jika
diajar dengan Model Pembelajaran Project Based Learning dibandingkan diajar dengan
Model Pembelajaran Konvensionali, (4) Hasil belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi
pada siswa yang mempunyai kreativitas belajar rendah yang, lebih rendah jika diajar
dengan Model Pembelajaran Project Based Learning dibandingkan diajar dengan Model
Pembelajaran Konvensional.Kesimpulan penelitian ini adalah Model Pembelajaran Project
Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi
yang lebih tinggi pada siswa yang mempunyai kreativitas belajar tinggi

Published
2019-01-16
How to Cite
YasinF., & NurritaT. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DAN KREATIVITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK). Akademika : Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(01), 1-17. https://doi.org/10.34005/akademika.v6i01.132