PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DAN KREATIVITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meneliti dan menganalisis tentang (1) perbedaan
hasil belajar yang menggunakan model pembelajaran Project Base Learning dan model
pembelanjaran konvensial dengan kondisi siswa yang memiliki kreativitas tinggi dan
rendah. (2) pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan kreativitas belajar terhadap
hasil belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi. Penelitian ini menggunakan metode
eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas 4 SD Islam At Taubah
Jakarta Timur. Pengambilan sampel dengan cara random sampling, sehingga terpilih 48
siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)Hasil belajar Teknologi Informasi dan
Komunikasi siswa yang diajar menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning
lebih tinggi daripada siswa yang diajar menggunakan Model Pembelajaran Konvensional.
(2) Terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan kreativitas belajar
terhadap hasil belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi. (3) Hasil belajar Teknologi
Informasi dan Komunikasi siswa yang mempunyai kreativitas belajar tinggi lebih tinggi jika
diajar dengan Model Pembelajaran Project Based Learning dibandingkan diajar dengan
Model Pembelajaran Konvensionali, (4) Hasil belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi
pada siswa yang mempunyai kreativitas belajar rendah yang, lebih rendah jika diajar
dengan Model Pembelajaran Project Based Learning dibandingkan diajar dengan Model
Pembelajaran Konvensional.Kesimpulan penelitian ini adalah Model Pembelajaran Project
Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi
yang lebih tinggi pada siswa yang mempunyai kreativitas belajar tinggi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).