PENGARUH MODEL STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA

  • Astriana Baiti Sinaga Universitas Islam As-Syafi'iyah
  • U. Suherman Universitas Islam As-Syafi'iyah
Keywords: Hasil Belajar Matematika, Model Student Team Achievement Divisions (STAD), Berpikir Kritis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji : 1. Perbedaan hasil belajar matematika
antara siswa yang memperoleh pendekatan pembelajaran dengan model Student Team
Achievement Divisions (STAD) dan siswa yang memperoleh pendekatan pembelajaran
dengan model konvensional, 2.Pengaruh interaksi antara siswa yang memperoleh
pendekatan pembelajaran dengan model Student Team Achievement Divisions (STAD) dan
berpikir kritis belajar terhadap hasil belajar matematik, 3. Perbedaan hasil belajar
matematika antara yang menggunakan model Student Team Achievement Divisions (STAD)
dan yang menggunakan model konvensional, bagi siswa yan berpikir kritis tinggi 4.
Perbedaan hasil belajar matematika yang menggunakan model Student Team Achievement
Divisions (STAD) dan yang menggunakan model konvensional, bagi siswa yang berpikir
kritis rendah. Penelitian ini menggunakan metode Ekperimen. Populasi targetnya adalah
seluruh siswa kelas VIII MTsN Tanggeung Kabupaten Cianjur yang berjumlah 258 orang.
Penarikan jumlah sampel dilakukan dengan cara sample random sampling yaitu
berdasarkan factorial grouf desaign, sehingga terpilih 40 orang. Pengujian hipotesis
dilakukan pada taraf signifikansi = 0,05. Penelitian ini menghasilkan empat kesimpulan
utama yaitu :1.Hasil belajar matematika yang menggunakan model Student Team
Achievement Divisions (STAD) lebih unggul dibandingkan dengan yang menggunakan
model, 2. Terdapat interaksi antara model Student Team Achievement Divisions (STAD)
dan berpikir kritis terhadap hasil belajar matematika, 3. Bagi siswa yang memiliki berpikir
kritis tinggi lebih unggul hasil belajar matematikanya dengan menggunakan model Student
Team Achievement Divisions (STAD) dari pada model konvensional 4.Bagi siswa yang
memiliki berpikir kritis rendah lebih unggul hasil belajar matematikanya dengan
menggunakan model Student Team Achievement Divisions (STAD) dari pada model
konvensional

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-01-01
How to Cite
SinagaA., & SuhermanU. (2017). PENGARUH MODEL STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA. Akademika : Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(01), 59-72. https://doi.org/10.34005/akademika.v6i01.136