PENGARUH MODEL STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji : 1. Perbedaan hasil belajar matematika
antara siswa yang memperoleh pendekatan pembelajaran dengan model Student Team
Achievement Divisions (STAD) dan siswa yang memperoleh pendekatan pembelajaran
dengan model konvensional, 2.Pengaruh interaksi antara siswa yang memperoleh
pendekatan pembelajaran dengan model Student Team Achievement Divisions (STAD) dan
berpikir kritis belajar terhadap hasil belajar matematik, 3. Perbedaan hasil belajar
matematika antara yang menggunakan model Student Team Achievement Divisions (STAD)
dan yang menggunakan model konvensional, bagi siswa yan berpikir kritis tinggi 4.
Perbedaan hasil belajar matematika yang menggunakan model Student Team Achievement
Divisions (STAD) dan yang menggunakan model konvensional, bagi siswa yang berpikir
kritis rendah. Penelitian ini menggunakan metode Ekperimen. Populasi targetnya adalah
seluruh siswa kelas VIII MTsN Tanggeung Kabupaten Cianjur yang berjumlah 258 orang.
Penarikan jumlah sampel dilakukan dengan cara sample random sampling yaitu
berdasarkan factorial grouf desaign, sehingga terpilih 40 orang. Pengujian hipotesis
dilakukan pada taraf signifikansi = 0,05. Penelitian ini menghasilkan empat kesimpulan
utama yaitu :1.Hasil belajar matematika yang menggunakan model Student Team
Achievement Divisions (STAD) lebih unggul dibandingkan dengan yang menggunakan
model, 2. Terdapat interaksi antara model Student Team Achievement Divisions (STAD)
dan berpikir kritis terhadap hasil belajar matematika, 3. Bagi siswa yang memiliki berpikir
kritis tinggi lebih unggul hasil belajar matematikanya dengan menggunakan model Student
Team Achievement Divisions (STAD) dari pada model konvensional 4.Bagi siswa yang
memiliki berpikir kritis rendah lebih unggul hasil belajar matematikanya dengan
menggunakan model Student Team Achievement Divisions (STAD) dari pada model
konvensional
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).