PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DAN KECERDASAN INTERPERSONALTERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA INGGRIS
Abstract
Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran
terhadap keterampilan bahasa Inggris siswa, mengetahui pengaruh tingkat kecerdasan
interpersonal siswa terhadap keterampilan membaca bahasa Inggris siswa.Selanjutnya untuk
mengetahui pengaruh metode pembelajaran dan tingkat kecerdasan interpersonal secara
bersama-sama terhadap keterampilan membaca bahasa Inggris siswa.
Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen. Sampel berukuran 60 siswa yang terdiri
atas 30 siswa kelas eksperimen dan 30 siswa kelas kontrol, dengan teknik sampling yang
digunakan yaitu cluster sampling.Pengujian hipotesis dengan uji ANOVA 2 arah.Hasil penelitian
menunjukkan :1) Terdapat pengaruh yang signifikan metode pembelajaran terhadap
keterampilan membaca bahasa Inggris siswaJakarta International Islamic Secondary
School. Hal tersebut dibuktikan dengan Sig.= 0,018< 0,05 dan nilai Fhitung = 5,964 2)
Terdapat pengaruh yang signifikan tingkat kecerdasan interpersonal terhadap keterampilan
membaca bahasa Inggris siswa SMP Swasta Jakarta Selatan. Hal tersebut dibuktikan
dengan Sig. = 0,000 < 0,05 dan nilai Fhitung= 28,763 3) Terdapat pengaruh interaktif yang
signifikan metode pembelajaran dan kecerdasan interpersonal terhadap keterampilan
membaca bahasa Inggris siswa Jakarta International Islamic Secondary School. Hal
tersebut dibuktikan dengan Sig. = 0,00< 0,05danFhitung = 14,492.Upaya meningkatkan
keterampilan membaca bahasa Inggris dapat dilakukan penerapannya melalui: metode
pembelajaran PQRST, dan meningkatkan kecerdasan interpersonal siswa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).