PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DAN KECERDASAN INTERPERSONALTERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA INGGRIS

  • Mulyadi NA Universitas Islam As-Syafi'iyah
  • Ulfi Rahmi Universitas Islam As-Syafi'iyah
Keywords: Metode Pembelajaran, Kecerdasan Interpersonal, Keterampilan Membaca Bahasa Inggris

Abstract

Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran
terhadap keterampilan bahasa Inggris siswa, mengetahui pengaruh tingkat kecerdasan
interpersonal siswa terhadap keterampilan membaca bahasa Inggris siswa.Selanjutnya untuk
mengetahui pengaruh metode pembelajaran dan tingkat kecerdasan interpersonal secara
bersama-sama terhadap keterampilan membaca bahasa Inggris siswa.
Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen. Sampel berukuran 60 siswa yang terdiri
atas 30 siswa kelas eksperimen dan 30 siswa kelas kontrol, dengan teknik sampling yang
digunakan yaitu cluster sampling.Pengujian hipotesis dengan uji ANOVA 2 arah.Hasil penelitian
menunjukkan :1) Terdapat pengaruh yang signifikan metode pembelajaran terhadap
keterampilan membaca bahasa Inggris siswaJakarta International Islamic Secondary
School. Hal tersebut dibuktikan dengan Sig.= 0,018< 0,05 dan nilai Fhitung = 5,964 2)
Terdapat pengaruh yang signifikan tingkat kecerdasan interpersonal terhadap keterampilan
membaca bahasa Inggris siswa SMP Swasta Jakarta Selatan. Hal tersebut dibuktikan
dengan Sig. = 0,000 < 0,05 dan nilai Fhitung= 28,763 3) Terdapat pengaruh interaktif yang
signifikan metode pembelajaran dan kecerdasan interpersonal terhadap keterampilan
membaca bahasa Inggris siswa Jakarta International Islamic Secondary School. Hal
tersebut dibuktikan dengan Sig. = 0,00< 0,05danFhitung = 14,492.Upaya meningkatkan
keterampilan membaca bahasa Inggris dapat dilakukan penerapannya melalui: metode
pembelajaran PQRST, dan meningkatkan kecerdasan interpersonal siswa

Published
2017-01-01
How to Cite
NAM., & RahmiU. (2017). PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DAN KECERDASAN INTERPERSONALTERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA INGGRIS. Akademika : Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(01), 73-86. https://doi.org/10.34005/akademika.v6i01.137