PENGARUH PEMANFAATAN BAHAN AJAR AUDIO VISUAL DAN KREATIVITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM

  • Khasanah Khasanah Universitas Islam As-Syafi'iyah
  • Nita Heryanti Universitas Islam As-Syafi'iyah
Keywords: Hasil belajar ilmu pengetahuan alam, Pemanfaatan bahan ajar audio visual dan kreativas belajar

Abstract

1) Perbedaan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang menggunakan bahan
ajar audio visual dan bahan ajar modul, 2) Pengaruh Interaksi antara kreativitas belajar
dan bahan ajar terhadap hasil belajar IPA, 3)Perbedaan hasil belajar IPA yang
menggunakan bahan ajar audio visual dan bahan ajar modul pada siswa yang mempunya
kreativitas belajar tinggi, 4) Perbedaan hasil belajar IPA yang menggunakan bahan ajar
audio visual dengan bahan ajar modul pada siswa yang memiliki kreativitas belajar rendah.
Dalam penelitian ini digunakan metode eksperimen dengan menggunakan rancangan group
factorial 2x2. Target pada penelitian ini adalah semua siswa kelas VI SDIT Nurul Fikri
Depok. Populasi terjangkau terdiri dari 66 siswa yang terdiri dari masing-masing kelas
adalah 33 siswa, Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan secara acak atau random
sampling dari empat kelas didapat dua kelas sample yang terdiri dari kelas control sebanyak
33 siswa dan kelas eksperimen sebanyak 33 siswa. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dan
pembahasan maka disimpulkan hasil belajar siswa yang menggunakan bahan ajar audio
visual lebih baik daripada siswa yang menggunakan bahan ajar modul. Kedua, adanya
interaksi penggunaan bahan ajar audio visual dan kreativitas terhadap hasil belajar IPA.
Ketiga Siswa yang menggunakan bahan ajar audio visual memiliki kreativitas lebih tinggi
daripada siswa yang menggunakan bahan ajar modul. Keempat, siswa yang kreativitasnya
rendah tidak berpengaruh pada hasil belajar dalam menggunakan bahan ajar audio visual
dan bahan ajar. Berdasarkan hasil temuan tersebut di atas dapat diambil kesimpulan bahwa
pemanfaatan bahan ajar audio visual cukup efektif untuk meningkatkan kreativitas dan
meningkatkan hasil belajar IPA.Abstrak meliputi: latar belakang penelitian, tujuan
penelitian, metode penelitian, hasil penelitian, dan kesimpulan penelitian yang ditulis secara
singkat dalam kesatuan. Jumlah kata dalam abstrak : maksimal 250 kata (satu halaman),
dalam 1 alinea, dengan kata kunci (key word) 3-5 kata. (PTK-Abstrak-Isi

Published
2017-07-01
How to Cite
KhasanahK., & HeryantiN. (2017). PENGARUH PEMANFAATAN BAHAN AJAR AUDIO VISUAL DAN KREATIVITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM. Akademika : Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(02), 1-16. https://doi.org/10.34005/akademika.v6i02.139