PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN DENGAN MODEL DICK AND CAREY PADA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI SISWA KELAS 5 DI SDIT IQRO

  • Khairan M. Arif UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Verawati NA Universitas Islam As-Syafi'iyah
Keywords: Pengembangan, paket pembelajaran, pendidikan agama Islam, model Dick & Carey

Abstract

Tujuan pengembangan paket pembelajaran Pendidikan Agama Islam adalah untuk
menghasilkan paket pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang memfasilitasi
pembelajaran pembentukan sikap atau aspek afektif dalam rangka meningkatkan kualitas
proses dan hasil pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Model yang digunakan dalam
mengembangkan paket pembelajaran ini adalah model Dick & Carey (2001). Model ini
terdiri dari 10 langkah, namun dalam pengembangan ini hanya dilakukan sampai 9 langkah
karena keterbatasan waktu dan biaya. Langkah-langkah tersebut adalah: (1) Analisis
kebutuhan untuk menentukan tujuan, (2) Analisis pembelajaran, (3) Identifikasi perilaku awal
dan karakteristik pebelajar, (4) Merumuskan TPK, (5) Mengembangkan butir-butir tes, (6)
Mengembangkan srategi pembelajaran, (7) Memilih dan mengembangkan materi, (8)
melakukan evaluasi formatif, (9) Merevisi pembelajaran. Pemilihan penggunaan model Dick
& Carey dalam pengembangan desain pembelajaran ini didasarkan pada beberapa alasan,
yaitu: (1) Materi mata pelajaran Pendidikan Agama Islam merupakan materi yang
penyajiannya memerlukan urutan-urutan tertentu secara sistematis. Misalnya, pada materi
Surat-surat Al-Qur`an terdiri dari materi bacaan surat, arti surat, dan kajian surat dimana
penyajiannya tidak boleh ditukar-tukar. Sifat-sifat materi seperti ini sangat sesuai untuk
dikembangkan dengan model Dick & Carey, (2) Menurut beberapa penelitian bahwa
pemanfaatan sumber belajar berupa paket pembelajaran model Dick & Carey secara efektif
dapat meningkatkan hasil belajar. Produk pengembangan berupa paket pembelajaran yang
terdiri atas bahan ajar, panduan guru dan panduan siswa diujicobakan melalui evaluasi
formatif yang meliputi beberapa tahap yaitu: review ahli isi materi, review ahli desain dan
media pembelajaran, uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil. Data hasil evaluasi
formatif berupa saran, tanggapan dan penilaian dari subjek uji coba digunakan sebagai
masukan untuk merevisi dan menyempurnakan paket pembelajaran yang dihasilkan. Hasil
ahli isi materi maupun dari uji ahli desain komponen bahan ajar menunjukkan pada kategori
sangat baik dengan persentase padaahli isi 86%, ahli desain 75%, tanggapan siswa 89,5%
dan tanggapan guru 80%

Published
2017-07-01
How to Cite
M. ArifK., & NAV. (2017). PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN DENGAN MODEL DICK AND CAREY PADA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI SISWA KELAS 5 DI SDIT IQRO. Akademika : Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(02), 71-90. https://doi.org/10.34005/akademika.v6i02.144