PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ELABORASI DENGAN BERPIKIR KREATIF TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK BAHASA INDONESIA

  • Lisna Marwani Universitas Islam As-Syafi'iyah
  • Sri Nurningsih Universitas Islam As-Syafi'iyah
Keywords: Model pembelajaran elaborasi, Berpikir kreatif, Hasil belajar bahasa Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Hasil belajar Bahasa Indonesia
kelompok siswa yang diajar dengan model elaborasi lebih tinggi daripada kelompok siswa
yang diajar dengan model kooperatif. 2) Terdapat Pengaruh interaksi antara model
pembelajaran dan berpikir kreatif siswa terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia. 3) Hasil
belajar Bahasa Indonesia pada siswa yang memiliki berpikir kreatif tinggi lebih tinggi jika
diajarkan dengan model elaborasi daripada menggunakan model pembelajaraan kooperatif
4) Hasil belajar Bahasa Indonesia pada siswa yang memiliki berpikir kreatif rendah lebih
rendah jika diajarkan dengan model elaborasi daripada menggunakan model pembelajaraan
kooperatif. Penelitian ini menggunakan model eksperimen dengan desain Factorial group
2x2 Populasi terjangkau dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SDIA 23 Jatikramat,
sampel diambil menggunakan Teknik random sampling, sehingga sampel sebanyak 60 siswa,
yang terdiri dari 29 siswa untuk kelompok eksperimen dan 31 siswa untuk kelompok kontrol.
Pengambilan data menggunakan instrument tes untuk hasil belajar dan non tes untuk berpikir
kreatif. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis infrensial
Berdasarkan hasil analisis dengan menggunakan statistik deskriptif pada kelas eksperimen
yakni nilai rata-rata adalah 21,90 sedangkan kelas kontrol nilai rata-rata adalah 20,80. Hasil
analisis inferensial ada uji ANAVA diperolah p-value varibel model < 0,05 (0,022<0,05)
berarti Ho ditolak. Kemudian diperoleh nilai p-value interaksi model dan berpikir kreatif
<0,05 (0,00 < 0,05) berarti Ho ditolak, pada uji Turkey diperoleh p-value A1B1-A2B1 < 0,05
(0,00<0,05)berarti Ho ditolak, dan p-value A1B2-A2B2 < 0.05 (0.042<0,05) berarti Ho
ditolak. Hasil penelitian menunujukkan 1) hasil belajar siswa yang menggunakan model
elaborasi lebih tinggi dibandingkan model pembelajaran kooperatif. 2) terdapat pengaruh
interaksi antara siswa yang menggunakan model pembelajaran dan berpikir kreatif siswa
terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia 3) Hasil belajar Bahasa Indonesia pada siswa yang
memiliki berpikir kreatif tinggi lebih tinggi dengan model elaborasi daripada menggunakan
model kooperatif 4) Hasil belajar Bahasa Indonesia pada siswa yang memiliki berpikir
kreatif rendah lebih rendah dengan model elaborasi daripada menggunakan model
pembelajaraan kooperatif. kesimpulan yang diperoleh dari penlitian ini adalah model
pembelajaran elaborasi cocok digunakan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dengan
siswa yang memilki berpikir kreatif tinggi

Published
2017-07-01
How to Cite
MarwaniL., & NurningsihS. (2017). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ELABORASI DENGAN BERPIKIR KREATIF TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK BAHASA INDONESIA. Akademika : Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(02), 91-104. https://doi.org/10.34005/akademika.v6i02.145