THE RELATIONSHIP OF INTEREST WITH LECTURER ACTIVITY IN USING VILEP AS A LEARNING MEDIA AT POLTEKKES MINISTRY OF PADANG

  • Alsri Windra Doni Poltekkes Kemenkes Padang
  • Rati Purnama Sari Poltekkes Kemenkes Padang
  • Evino Sugriarta Poltekkes Kemenkes Padang
Keywords: VILEP, Interest, Lecturer Activity

Abstract

Kemajuan teknologi informasi saat ini menuntut semua perguruan tinggi untuk selalu mengikuti perkembangan zaman khususnya dibidang pendidikan.Mengacu pada undang-undang Tahun 2012 mengenai pembelajaran maka BPPSDM dibawah Kementerian Kesehatan mengembangkan VILEP mulai tahun 2016. VILEP adalah media pembelajaran teknologi informasi yang digunakan dalam perkuliahan di Poltekkes Kemenkes Padang. Berdasarkan data pelaksanaan VILEP (Virtual Learning Poltekkes Kemenkes) semester ganjil 2020/2021 untuk Poltekkes Kemenkes Padang belum maksimal dilaksanakan oleh dosen walaupun sudah dilakukan pelatihan VILEP. Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan minat dengan keaktifan dosen dalam penggunaan VILEP sebagai media pembelajaran di Poltekkes Kemenkes Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain cross sectional. Pengukuran kedua variabel minat dan keaktifan dilakukan dalam waktu yang bersamaan dengan tujuan menilai ada tidaknya hubungan antar kedua variabel. Hasil penelitian menunjukkan untuk variabel minat, 57,5% dosen tidak berminat dalam menggunakan VILEP. Untuk keaktifan, 52,5% dosen aktif menggunakan VILEP. Hubungan Minat Dengan Keaktifan Dosen Dalam Penggunaan VILEP Sebagai Media Pembelajaran di Poltekkes Kemenkes Padang diperoleh nilai ρ=0,313 (p>0,05) maka dapat disimpulkan bahwa  Ha ditolak dan H0 diterima artinya tidak terdapat   hubungan antara minat dengan keaktifan dosen dalam penggunaan VILEP sebagai media pembelajaran di Poltekkes Kemenkes Padang Tahun 2021.

Published
2022-06-29
How to Cite
DoniA., SariR., & SugriartaE. (2022). THE RELATIONSHIP OF INTEREST WITH LECTURER ACTIVITY IN USING VILEP AS A LEARNING MEDIA AT POLTEKKES MINISTRY OF PADANG. Akademika : Jurnal Teknologi Pendidikan, 11(01), 41-57. https://doi.org/10.34005/akademika.v11i01.1704