THE RELATIONSHIP OF INTEREST WITH LECTURER ACTIVITY IN USING VILEP AS A LEARNING MEDIA AT POLTEKKES MINISTRY OF PADANG
Abstract
Kemajuan teknologi informasi saat ini menuntut semua perguruan tinggi untuk selalu mengikuti perkembangan zaman khususnya dibidang pendidikan.Mengacu pada undang-undang Tahun 2012 mengenai pembelajaran maka BPPSDM dibawah Kementerian Kesehatan mengembangkan VILEP mulai tahun 2016. VILEP adalah media pembelajaran teknologi informasi yang digunakan dalam perkuliahan di Poltekkes Kemenkes Padang. Berdasarkan data pelaksanaan VILEP (Virtual Learning Poltekkes Kemenkes) semester ganjil 2020/2021 untuk Poltekkes Kemenkes Padang belum maksimal dilaksanakan oleh dosen walaupun sudah dilakukan pelatihan VILEP. Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan minat dengan keaktifan dosen dalam penggunaan VILEP sebagai media pembelajaran di Poltekkes Kemenkes Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain cross sectional. Pengukuran kedua variabel minat dan keaktifan dilakukan dalam waktu yang bersamaan dengan tujuan menilai ada tidaknya hubungan antar kedua variabel. Hasil penelitian menunjukkan untuk variabel minat, 57,5% dosen tidak berminat dalam menggunakan VILEP. Untuk keaktifan, 52,5% dosen aktif menggunakan VILEP. Hubungan Minat Dengan Keaktifan Dosen Dalam Penggunaan VILEP Sebagai Media Pembelajaran di Poltekkes Kemenkes Padang diperoleh nilai ρ=0,313 (p>0,05) maka dapat disimpulkan bahwa Ha ditolak dan H0 diterima artinya tidak terdapat hubungan antara minat dengan keaktifan dosen dalam penggunaan VILEP sebagai media pembelajaran di Poltekkes Kemenkes Padang Tahun 2021.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).