TEACHER'S DIGITAL COMPETENCE IN INCREASING VOCATIONAL SCHOOL STUDENTS' INTEREST IN LEARNING IN SEKADAU REGENCY
Abstract
Pembelajaran digital memberikan berbagai manfaat kepada siswa, mulai dari kemudahan mengakses materi hingga pemberian tugas dan kuis. Namun, penggunaan pembelajaran digital ini dipengaruhi oleh keputusan seorang guru untuk menggunakannya. Oleh karena itu, faktor ini menjadi penghambat dalam transformasi pembelajaran digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kompetensi digital guru di SMKN 1 Kab. Sekadau Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kesadaran guru mata pelajaran kejuruan SMK di Sekadau dalam menggunakan pembelajaran digital. Metode yang dilakukan dengan menganalisis 6 aspek dari Teacher Digital Competence Belief (TDCB). Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan kuesioner kepada 25 guru mata pelajaran kejuruan di SMK di Kabupaten Sekadau. Hasilnya menunjukan bahwa rata-rata dari 6 aspek TCBD memiliki skor 71,28 yang berada dalam kategori baik. Penelitian ini menunjukan bahwa guru SMK di Kabupaten Sekadau sudah menilai bahwa penggunaan teknologi digital adalah hal yang penting untuk peningkatan pembelajaran.
Copyright (c) 2023 Akademika : Jurnal Teknologi Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).