TEACHER'S DIGITAL COMPETENCE IN INCREASING VOCATIONAL SCHOOL STUDENTS' INTEREST IN LEARNING IN SEKADAU REGENCY

  • Maria Ana Dwi Universitas Tanjungpura
  • Afandi Afandi Universitas Tanjungpura
  • Indri Astuti Universitas Tanjungpura
Keywords: Digital Learning, Questionnaire, Instrument, Teacher

Abstract

Pembelajaran digital memberikan berbagai manfaat kepada siswa, mulai dari kemudahan mengakses materi hingga pemberian tugas dan kuis. Namun, penggunaan pembelajaran digital ini dipengaruhi oleh keputusan seorang guru untuk menggunakannya. Oleh karena itu, faktor ini menjadi penghambat dalam transformasi pembelajaran digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kompetensi digital guru di SMKN 1 Kab. Sekadau Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kesadaran guru mata pelajaran kejuruan SMK di Sekadau dalam menggunakan pembelajaran digital. Metode yang dilakukan dengan menganalisis 6 aspek dari Teacher Digital Competence Belief (TDCB). Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan kuesioner kepada 25 guru mata pelajaran kejuruan di SMK di Kabupaten Sekadau. Hasilnya menunjukan bahwa rata-rata dari 6 aspek TCBD memiliki skor 71,28 yang berada dalam kategori baik. Penelitian ini menunjukan bahwa guru SMK di Kabupaten Sekadau sudah menilai bahwa penggunaan teknologi digital adalah hal yang penting untuk peningkatan pembelajaran.

Published
2023-04-02
How to Cite
DwiM., AfandiA., & AstutiI. (2023). TEACHER’S DIGITAL COMPETENCE IN INCREASING VOCATIONAL SCHOOL STUDENTS’ INTEREST IN LEARNING IN SEKADAU REGENCY. Akademika : Jurnal Teknologi Pendidikan, 12(01), 1-11. https://doi.org/10.34005/akademika.v12i01.2459