IMPLEMENTATION OF THE USE OF BIG DATA IN ANALYZING FACTORS AFFECTING STUDENT PERFORMANCE IN EXAM RESULTS

  • Irika Widiasanti Universitas Negeri Jakarta
  • Jessica Triuli Adelia Universitas Negeri Jakarta
  • Luthfia Rosidin Universitas Negeri Jakarta
  • Maria Felicita Viola Universitas Negeri Jakarta
  • Meyra Daniarista Universitas Negeri Jakarta
Keywords: Big Data, Teknologi, Pendidikan, Siswa, Kinerja

Abstract

Perkembangan teknologi dalam dunia pendidikan semakin meningkat. Salah satu teknologi yang sering dipakai dalam dunia pendidikan adalah big data. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor yang mempengaruhi kinerja siswa dalam nilai ujian. Big Data merupakan kumpulan data yang sangat besar dan kompleks yang dapat dianalisis untuk mengungkap pola-pola yang bermanfaat. Dalam penelitian ini, metode analisis kualitatif digunakan untuk mengumpulkan dan menganalisis data dari berbagai sumber, termasuk jurnal nasional maupun internasional, publikasi akademik, laporan, dan buku. Pengolahan data dilakukan menggunakan Kaggle Dataset dengan sampel data 1000 siswa yang telah mengikuti berbagai ujian. Penelitian ini memanfaatkan Big Data dalam memprediksi kinerja siswa berdasarkan latar belakang pendidikan orang tua, kursus persiapan ujian, dan porsi makan siang siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor yang mempengaruhi kinerja siswa terhadap hasil ujian adalah porsi makan siang siswa. Jumlah nilai siswa perempuan dengan porsi makan yang sesuai pada ujian Matematika, Membaca, dan Menulis mencapai 22.413, 24.875, 24.890. Jumlah nilai siswa laki-laki dengan porsi makan siang yang sesuai pada ujian Matematika, Membaca, dan Menulis mencapai 22.759, 21.342, dan 20.701. Oleh karena itu, kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa porsi makan siang yang tepat berperan penting dalam meningkatkan kinerja siswa dalam hasil ujian

Published
2023-06-30
How to Cite
WidiasantiI., AdeliaJ., RosidinL., ViolaM., & DaniaristaM. (2023). IMPLEMENTATION OF THE USE OF BIG DATA IN ANALYZING FACTORS AFFECTING STUDENT PERFORMANCE IN EXAM RESULTS. Akademika : Jurnal Teknologi Pendidikan, 12(01), 239-250. https://doi.org/10.34005/akademika.v12i01.2607