ELEKTRONIK PORTOFOLIO DALAM MEMBENTUK KEMAMPUAN LITERASI DIGITAL MAHASISWA

  • Maritsatul Karimah Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Mohammad Syarif Hidayatulloh Zc Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Evi Fatimatur Rusydiyah Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengkaji kemampuan literasi digital mahasiswa dibentuk oleh penggunaan media pembelajaran elektronik portofolio. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah 24 mahasiswa pendidikan agama Islam semester enam di Unipdu Jombang. Metode pengumpulan data dengan menggunakan angket langsung dari infoman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam penggunaan Elektronik Portofolio Dalam Membentuk Kemampuan Literasi Digital Mahasiswa pendidikan agama Islam semester enam di Unipdu Jombang termasuk pada kategori sangat baik, berdasarkan hasil penelitian bahwa dampak elektronik portofolio dalam membentuk kemampuan literasi digital sebesar 89,7%, indikator yang dominan dalam mengakses sumber daya online yang relevan untuk pembelajaran dan penelitian serta mengintegrasikan berbagai informasi dan konsep untuk mencapai pemahaman yang lebih dalam  yaitu pencarian internet dan penyusunan pengetahuan terdapat di Indikator I mengukur pencarian di internet yaitu prosentase 91% dalam kategori sangat baik, indikator II yg mengukur pedoman arah hypertext prosentase 87,5% pada kategori sangat baik, selanjutnya indikator III yg mengukur penilaian konten info prosentase 88% pada kategori sangat baik, dan 92% di indikator IV yang mengukur penyusunan pengetahuan juga dalam kategori sangat baik. Penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan elektronik portofolio mampu membentuk kemampuan literasi digital mahasiswa pendidikan agama Islam.

Published
2023-11-04
How to Cite
KarimahM., Hidayatulloh ZcM., & RusydiyahE. (2023). ELEKTRONIK PORTOFOLIO DALAM MEMBENTUK KEMAMPUAN LITERASI DIGITAL MAHASISWA. Akademika : Jurnal Teknologi Pendidikan, 12(02), 325-339. https://doi.org/10.34005/akademika.v12i02.2791