HUBUNGAN ANTARA DISIPLIN BELAJAR DAN KREATIVITAS BELAJAR MELALUI MEDIA VIRTUAL LABORATORIUM TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM
Studi Korelasional Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri Di Jakarta Timur
Abstract
Tujuann penelitian ini adala untuk mengetahui secara empirik mengenai : (1) hubungan yang
berarti antara disiplin belajar dengan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam; (2) hubungan yang berarti
antara kreativitas belajar melalui media virtual laboratorium dengan hasil belajar Ilmu Pengetahuan
Alam; (3) hubungan yang berarti antara disiplin belajar dan kreativitas belajar melalui media virtual
laboratorium secara bersama sama dengan hasil belajar Ilmu Pegetahuan Alam.
Metode penelilian yang digunakan adalah metode survey dengan pendekatan korelasi yaitu
untuk mengetahui hubungan antara dua variabel bebas dengan variabel terikat yaitu variabel : (1)
hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam sebagai variabel terikat (Y); (2) disiplin belajar sebagai
variabel bebas (X1); dan (3) kreativitas belajar siswa sebagai variabel bebas (X2). Populasi terjangkau
pada penelitian ini berjumlah 310 siswa. Teknik aamping yang digunakan adalah dengan teknik acak
sederhana ( Simple random sampling ) dengan jumlah sampel 175 orang
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).