HUBUNGAN ANTARA DISIPLIN BELAJAR DAN KREATIVITAS BELAJAR MELALUI MEDIA VIRTUAL LABORATORIUM TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM

Studi Korelasional Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri Di Jakarta Timur

  • Titah Sunarlestari Universitas Islam As-Syafi'iyah
  • Lisna Marwani Universitas Islam As-Syafi'iyah

Abstract

Tujuann penelitian ini adala untuk mengetahui secara empirik mengenai : (1) hubungan yang
berarti antara disiplin belajar dengan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam; (2) hubungan yang berarti
antara kreativitas belajar melalui media virtual laboratorium dengan hasil belajar Ilmu Pengetahuan
Alam; (3) hubungan yang berarti antara disiplin belajar dan kreativitas belajar melalui media virtual
laboratorium secara bersama sama dengan hasil belajar Ilmu Pegetahuan Alam.
Metode penelilian yang digunakan adalah metode survey dengan pendekatan korelasi yaitu
untuk mengetahui hubungan antara dua variabel bebas dengan variabel terikat yaitu variabel : (1)
hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam sebagai variabel terikat (Y); (2) disiplin belajar sebagai
variabel bebas (X1); dan (3) kreativitas belajar siswa sebagai variabel bebas (X2). Populasi terjangkau
pada penelitian ini berjumlah 310 siswa. Teknik aamping yang digunakan adalah dengan teknik acak
sederhana ( Simple random sampling ) dengan jumlah sampel 175 orang

Published
2016-12-01
How to Cite
SunarlestariT., & MarwaniL. (2016). HUBUNGAN ANTARA DISIPLIN BELAJAR DAN KREATIVITAS BELAJAR MELALUI MEDIA VIRTUAL LABORATORIUM TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM. Akademika : Jurnal Teknologi Pendidikan, 5(02), 107-132. https://doi.org/10.34005/akademika.v5i02.304