HUBUNGAN ANTARA PROGRAM LAYANAN BIMBINGAN KONSELING DAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN PRESTASI HASIL BELAJAR SEJARAH KELAS XI SMA BEKASI

  • Tuti Hartini Universitas Islam As-Syafi’iyah
  • M. Fahri Yasin
Keywords: Bimbilngan Layanan Konseling, Kecerdasan Emosional, Prestasi Belajar Pelajaran Sejarah

Abstract

Abstrak: Hubungan Antara Layanan Bimbingan Konseling dan Kecerdasan Emosional Dengan Prestasi Belajar Pelajaran Sejarah (Penelitian Korelasi Pada Siswa Kelas XI SMA Swasta Serayon 4 Kota Bekasi) Tesis, Jakarta : Program Studi Magister Teknologi Pendidikan,  Univiersitas Islam As- Syafi’iyah.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana hubungan antara layanan bimbingan konseling dan kecerdasan emosional baik secara sendiri sendiri maupun secara bersama sama dengan prestasi belajar sejarah siswa kelas XI SMA. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan teknik pengambilan rundom random sampling, sehingga jumlah sampel dari populasi terjangkau yaitu 87 sampel. Pengambilan data hasil belajar menggunakan dokumen prestasi belajar. Kemudian Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis infrensial.

Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan bantuan aplikasi SPSS. 21, data yang diperoleh menunjukkan data berdistribusi normal, homogen dan linier. Rata-rata prestasi belajar Sejarah yang diperoleh 82,8, Layanan Bimbingan Konseling rata-ratanya adalah 141,7 dan kecerdasan emosional adalah 116,8.  Hasil uji statistik, variabel Bimbingan dan konseling mempunyai hubungan yang positif  terhadap prestasi belajar sejarah siswa kelas XI. Hal ini di tunjukkan dengan hipotesis penelitian yang diterima dibuktikkan dengan hasil analisis data diperoleh t hitung 6,783  > t tabel 1,65 begitu pula dengan variabel kecerdasan emosional mempunyai hubungan yang positif terhadap prestasi belajar Sejarah, hal ini di tunjukkan dengan hipotesis penelitian yang diterima dibuktikkan dengan hasil analisis data diperoleh t hitung 6,151  > t tabel 1,65. Kemudian Persamaan regresi linear ganda adalah  = 0,560+ 0,97X1 + 0,112 Xpersamaan regresi ini menunjukkan adanya hubungan dari kedua variabel berhubungan positif dengan prestasi belajar Sejarah

Kesimpulan penelitian menunujukkan 1) Terdapat hubungan positif antara layanan bimbingan konselingdengan prestasi belajar sejarah siswa kelas XI SMA, 2) Terdapat hubungan positif antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar sejarah siswa kelas XI SMA 3) Terdapat hubungan positif antara layanan bimbingan konseling dan kecerdasan emosional bersama-sama dengan prestasi belajar sejarah siswa kelas XI SMA

 

Kata kunci : Bimbilngan Layanan Konseling, Kecerdasan Emosional, Prestasi Belajar Pelajaran Sejarah

Published
2019-06-28