PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN KREATIVITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN

  • Dewintia Rahmi Universitas Islam As Syafi’iyah
  • Khasanah M. Pd
Keywords: Model pembelajaran Problem Based Learning, kreativitas siswa, hasil belajar prakarya dan kewirausahaan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji : 1) perbedaan hasil belajar prakarya dan kewirausahaan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional 2) interaksi antara penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning dan kreativitas siswa terhadap hasil belajar prakarya dan kewirausahaan 3) perbedaan hasil belajar prakarya dan kewirausahaan yang diajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning dan yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional pada siswa yang memiliki kreativitas tinggi 4) perbedaan hasil belajar prakarya dan kewirausahaan yang diajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning dan yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional pada siswa yang memiliki kreativitas rendah. Dalam penelitian ini terdapat dua vaiabel bebas yaitu model pembelajaran Problem Based Learning dan kreativitas siswa serta hasil belajar prakarya dan kewirausahaan sebagai variabel terikat.Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan rancangan faktorial 2x2 yang membandingkan dua model pembelajaran yaitu model pembelajaran Problem Based Learning dan model pembelajaran konvensional serta kreativitas siswa. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas XI IPA 2 dan XI IPA 3 SMA Negeri 8 Kota Bekasi sebanyak dua kelas yang berjumlah 78 siswa. Teknik sampel yang digunakan adalah random acak. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dapat disimpulkan sebagai berikut : 1) Terdapat perbedaan hasil belajar prakarya dan kewirausahaan siswa kelas XI SMA Negeri 8 Bekasi yang diajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning dan yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional 2) Terdapat interaksi antara penggunaan model pembelajaran dan kreativitas siswa terhadap hasil belajar prakarya dan kewirausahaan 3) Terdapat perbedaan hasil belajar prakarya dan kewirausahaan siswa yang memiliki kreativitas tinggi yang dalam proses pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning tidak sama dan lebih unggul daripada dengan menggunakan model pembelajaran konvensional 4) Terdapat perbedaan hasil belajar prakarya dan kewirausahaan siswa yang memiliki kreatiVitas rendah yang dalam proses pembelajarannya menggunakan model pembelajaran konvensional tidak sama dan lebih unggul daripada dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning.

Published
2019-06-28