Pengaruh Budaya Organisasi, Komitmen Organisasi dan Gaya Kepemimpinan terhadap Kinerja Karyawan

  • ASIH ANDAYANI ANDAYANI SUMBER DAYA MANUSIA
  • Tjiptogoro Dinarjo Soehari Universitas Mercubuana Indonesia

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh budaya organisasi, komitmen organisasi dan gaya kepemimpinan baik secara simultan maupun parsial terhadap kinerja karyawan Badan Nasional Sertifikasi Profesi di Jakarta.

Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Kuantitatif yaitu metode pengolahan data yang menjelaskan pengaruh dan hubungan yang dinyatakan dengan kalimat. Analisis kuantitatif digunakan untuk melihat faktor penyebab. Adapun variabel yang digunakan yaitu Kinerja Karyawan (Y) sebagai variabel dependent sedangkanBudaya Organisasi (X1), Komitmen Organisasi (X2) dan Gaya Kepemimpinan (X3) sebagai variabel independent. Penelitian ini dilakukan di Badan Nasional Sertifikasi Profesi dengan populasi sebanyak 34 orang dan menggunakan sampel jenuh. Sehingga seluruh karyawan digunakan sebagai sampel.

Persamaan regresi linear berganda Y = 1,623 + 0,243X1 + 0,215X2 + 0,214X3

Rsquare = 0,759, F = 59,844 (2) Budaya Organisasi menjadi faktor paling dominan terhadap Kinerja Karyawan; (3) Komitmen Organisasi dan Gaya Kepemimpinan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Kinerja Karyawan. Hasil dari Kinerja Karyawan adalah sebesar 1,419. Apabila X1, X2 dan X3 dianggap nol maka akan mempengaruhi kinerja karyawan sebesar 1,419 dalam skala likert 1-5 termasuk kategori sangat tidak baik.

Kata kunci: Budaya Organisasi, Komitmen Organisasi, Gaya Kepemimpinan dan Kinerja Karyawan

Published
2019-12-27