MODEL PENDIDIKAN KESETARAAN PAKET A SETARA SD /MI MATA PELAJARAN PPKN

Keywords: Model, Equality Education, Package A Equivalent SD / MI

Abstract

Studi eksplorasi yang dilakukan realitas menunjukkan bahwa pelaksanaan pendidikan kesetaraan pada Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) masih belum sesuai dengan tuntutan kurikulum dan Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah : 1) mengetahuai bagaimanakah langkah penyusunan modul pendidikan kesetaraan Mata Pelajaran PPKn Paket A setara SD/MI, 2)Pengujian efektifitas pembelajaran dengan menggunakan modul dalam proses pembelajaran. 3) Menguji validitas dan reabilitas dari produk modul pendidikan kesetaraan Mata Pelajaran PPKn Paket A setara SD/MI. Target pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VI di PKBM Putri Gina yang terdiri dari satu kelas dengan jumlah warga belajar 15 orang. Penelitian ini menggunakan tehnik pengambilan sampel adalah purposive sampling yaitu pengambilan sampel secara sengaja sesuai dengan pesyaratan komposisi anggota sampel berdasarkan jenis pelakuan. Berdasarkan hasil pembahasan maka disimpulkan model pendidikan paket A setara SD/MI mata pelajaran PPKn. Setelah dilakanakan pengujian, pembelajaran dengan menggunakan modul kesetaraan paket A SD/MI mata pelajaran PPKn memiliki keefektifan dalam proses pembelajaran. Hal ini juga didukung dengan penyusunan modul yang bersifat mandiri dan konstekstual sehingga memudahkan warga belajar paket yang memiliki keterbatas, waktu untuk mengikuti kegiatan belajar mengajar dapat tetap mengikuti pembelajaran berbasis modul secara mandiri.

 

Exploration studies conducted in reality show that the implementation of equality education at the Center for Community Learning Activities (PKBM) is still not in accordance with the demands of the curriculum and National Standards for Early Childhood Education and Community Education. The purpose of this study are: 1) to find out how the steps in the preparation of equality education modules in the PPKn Package A equivalent to SD / MI, 2) Testing the effectiveness of learning by using modules in the learning process. 3) Test the validity and reliability of equality education module products in PPKn Package A courses equivalent to SD / MI. The target in this study was grade VI students at PKBM Putri Gina which consisted of one class with 15 learning residents. This study uses a sampling technique is purposive sampling that is deliberate sampling in accordance with the requirements of the composition of sample members based on the type of treatment. Based on the results of the. This is also supported by the preparation of modules that are independent and contextual so as to facilitate citizens to learn packages that have limited, time to attend teaching and learning activities can continue to follow module-based learning independently.Discussion, it was concluded that the model A education model is equivalent to SD / MI PPKn subjects. After testing, learning by using the equivalency module A package SD / MI PPKn subjects have effectiveness in the learning process

 

 

Published
2019-12-27