PENGARUH LATAR BELAKANG PENDIDIKAN GURU SMP/MTs TERHADAP HASIL UN BAHASA INGGRIS 2019

  • Safari Safari Universitas Islam As-Syafi’iyah Jakarta, Indonesia
Keywords: pendidikan,  guru,  SMP, UN, Bahasa Inggris

Abstract

Tujuan utama studi ini adalah menjawab pertanyaan berikut. Apakah terdapat pengaruh latar belakang pendidikan guru SMP/MTs terhadap hasil UN Bahasa Inggris 2019. Populasi penelitian ini adalah guru SMP/MTs yang mengajar mata pelajaran yang di-UN-kan tahun 2019. Data dalam penelitian ini berbentuk skor tes dan jawaban guru terhadap kuesioner di 34 provinsi di seluruh Indonesia. Pengisian kuesioner dilakukan secara sukarela di hari terakhir UN, sehingga jumlah responden yang mengisi kuesioner adalah 97052 guru SMP/MTs. Jumlah responden ini merupakan sampel dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil analisis deskriptif dan varian satu jalur diperoleh hasil seperti berikut. Latar belakang pendidikan guru SMP/MTs dengan urutan tertinggi hingga terendah adalah: (1) S-1, 88,4%; (2) S-2, 6,3%; (3) SMA/D1, 3,7%; (4) D-3, 1,6%; (5) S-3, 0,1%. Adapun guru yang sudah tersertifikasai adalah baru separuh yaitu 53,2%. Pengaruh pengaruh latar belakang pendidikan guru terhadap hasil UN Bahasa Inggris 2019 adalah terbukti. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan (P<0,000) latar belakang pendidikan guru terhadap hasil UN Bahasa Inggris 2019 (Sig. 0,000).  Kesimpulannya adalah terdapat pengaruh latar belakang pendidikan guru terhadap hasil UN Bahasa Inggris 2019.

 

Published
2019-12-27