Alhamdulillah, puji syukur kehadirat Allah SWT karena hanya dengan pertolongan-Nya rencana penerbitan Jurnal Dakwah dan Pendidikan Al-Risalah dapat terlaksana. Semoga langkah ini menjadi awalan yang baik dan terus berkelanjutan. Karena keberadaan sebuah jurnal ilmiah di tengah dunia akademik merupakan suatu keniscayaan untuk menopang keberlangsungan dunia akademis yang dinamis. Dinamika dunia akademik tidak hanya ditentukan oleh berlangsungnya kegiatan belajar mengajar, tetapi juga oleh peningkatan mutu ilmu pengetahuan yang ditransformasikan dari pendidik ke peserta didik. Melalui jurnal ini para dosen diharapkan mampu mengembangkan ilmu pengetahuan sesuai dengan perkembangan zaman.

Pada edisi ini dimuat 8 (delapan) artikel ilmiah yaitu SEKULARISME SEBAGAI TANTANGAN DAKWAH KONTEMPORER oleh Lukman Ma'sa, KRITIK ATAS METODE HERMENEUTIKA DALAM TAFSIR ALQURÁN SEBUAH PROBLEMATIKA DAKWAH oleh Badrah Uyuni, RISALAH DA’WAH PARA RASUL oleh Imam Taufik Alkhotob, KONSEP DAN PRAKTEK KESEHATAN BERBASIS AJARAN ISLAM oleh Abdul Hadi, STRATEGI DAKWAH DEWAN KEMAKMURAN MASJID (DKM) DALAM MENYIKAPI COVID-19 oleh Farhat Abdullah, PROBLEMATIKA DAKWAH KONTEMPORER: Tinjauan Faktor Internal dan Eksternal oleh Dahrun Sajadi,  PERANAN MUHAMMADIYAH SEBAGAI GERAKAN ISLAM BERKEMAJUAN DI ERA MODERN oleh Muhammad Kahfi, dan Dakwah Pengembangan Masyarakat dalam Pembangunan Kota Madinah oleh Syaroni Tohir.

Tulisan-tulisan ini akan menjadi wawasan baru dalam pemikiran kita, sehingga kita perlu membacanya dengan seksama dan diharapkan para pembaca budiman dapat memberikan respon pemikiran atas tulisan-tulisan di atas.

Published: 2020-05-14